Manfaat Air Putih Untuk Kesehatan

Manfaat air putih untuk kesehatan – Di zaman sekarang, minuman sudah banyak sekali macamnya. Ada minuman elektrolit, air mineral, sampai yang manis-manis seperti boba. Memang minum yang manis-manis membuat suasana hati jadi lebih bagus. Tapi kalau kebanyakan juga berdampak tidak bagus bagi kesehatan tubuh. Nah pembaca lebih sering minum yang mana nih?

Air sangat penting untuk kehidupan manusia. Bahkan air dalam tubuh manusia komposisinya hingga 60%. Lebih dari setengahnya sendiri tubuh manusia ini dari air.

Dalam setiap harinya kita dianjurkan untuk selalu memenuhi kebutuhan air dalam tubuh. Bagi orang dewasa dianjurkan minum delapan gelas per hari atau sesuai kebutuhan cairan dalam tubuh. Pada cuaca yang panas kebutuhan cairan dalam tubuh meningkat. Kita disarankan untuk memenuhi agar fungsi organ tubuh tidak terganggu.

Manfaat Air Putih Untuk Kesehatan

Manfaat Air Putih Untuk Kesehatan

Air putih yang merupakan kebutuhan pokok utama dalam kehidupan manusia memiliki banyak manfaat untuk kesehatan diantaranya adalah:

Menghidrasi Tubuh

Kekurangan cairan bagi tubuh bisa menjadikan tubuh mengalami dehidrasi. Dehidrasi adalah kondisi dimana cairan yang masuk lebih sedikit dibandingkan dengan cairan tubuh yang keluar. Kondisi ini bisa terjadi karena keringat berlebihan, cuaca yang sangat panas, bahkan saat diare, dan muntah. Dehidrasi tidak mmandang bulu. Anak kecil maupun orang dewasa bisa saja mengalaminya tanpa terkecuali.

Ciri-ciri orang yang mengalami dehidrasi adalah mulut dan lidah yang kering, kulit kering, dan warna urine menjadi gelap. Dehidrasi harus segala ditangani agar tidak berbahaya bagi tubuh. Meminum cairan seperti elektrolit dapat membantu tubuh terhindar dari dehidrasi.

Menjaga Tekanan Dalam Darah

Sebagian besar komposisi darah adalah air. Jika air dalam darah komposisinya berkurang, darah akan mengental. Darah yang mengenal ini menyebabkan ketidakseimbagan eletrolit dalam tubuh. Air ini berfungsi untuk

Melembabkan Kulit

Tidak hanya untuk menyegarkan tenggorokan dan kerongkongan saja,air putih bisa untuk melembabkan kulit. Meminum air putih dalam jumlah yang cukup membantu kulit kita jadi terhidrasi lebih baik. Kulit yang terhidrasi akan lembut, elastis, dan tidak kering.

Kulit yang terhidrasi menjadikan kulit lebih sehat. Hal tersebut membantu mencegah kulit menjadi kering dan bersisik. Hidrasi yang baik pada kulit juga mengurangi risiko iritasi dan garis halus pada kulit.

Sebagai Detoksifikasi Alami

Detoksifikasi adalah proses mengurangi zat yang bersifat toksin dalam tubuh. Air bisa mendetoksifikasi alami pada tubuh kita. Dengan begitu racun-racun yang ada di dalam tubuh menjadi berkurang. Minum air cukup tiap harinya dapat membantu tubuh untuk melakukan proses detoksifikasi secara alami.

Buang air kecil adalah salah satu contoh proses detoksifikasi. Air membantu menyaring zat-zat yang tidak bermanfaat pada tubuh lewat ginjal. Juga mengeluarkan zat-zat yang sudah tidak berguna seperti urea dan amonia.

Buang air kecil secara teratur dapat membantu tubuh membuang sisa-sisa zat dalam tubuh yang sudah tidak berguna lagi.

Menjaga Suhu Tubuh

Air menjadi faktor penting dalam menjaga suhu tubuh kita. Suhu tubuh yang normal berperan penting dalam menjaga kesehatan dan fungsi organ tubuh. Saat kita mencukupi kebutuhan air minum maka kita juga turut berkontribusi pada menjaga suhu tubuh.

Keringat merupakan hasil reaksi dari menjaga suhu tubuh. Ketika suhu tubuh kita meningkat maka respon tubuh kita adalah mengeluarkan keringat. Keringat yang keluar lewat pori-pori kulit kita akan menguap. Penguapan ini membantu tubuh menurunkan suhu secara efektif.

Mencegah Batu Ginjal

Minum air yang cukup menjadi salah satu langkah mencegah penyakit batu ginjal. Apa itu batu ginjal? Batu ginjal adalah kristal yang keras akibat dari zat-zat yang sudah tidak berguna dalam tubuh dan terkandung dalam urin.

Minum air putih yang cukup dapat mengencerkan urin. Ketika kita minum air yang cukup maka urin menjadi encer. Begitu pula sebaliknya. Ketika kita kurang minum air putih maka urin menjadi pekat. Air putih sebagai pelarut dan pengencer zat-zat limbah dalam ginjar. Membantu melancarkan urin, dan mencegah menumpuknya zat-zat yang dapat merugikan tubuh.

Membantu Pencernaan

Air dapat membantu proses pencernaan dalam tubuh. Proses pencernaan butuh dukungan air untuk melakukan prosesnya. Air dalam usus manusia membantu gerakan usus yang lebih sehat.

Air juga membantu pencernaan lebih lancar. Kekurangan asupan cairan menjadikan perut kita sembelit.

Tips Mencukupi Kebutuhan Minum

Manfaat Air Putih Untuk Kesehatan

Banyak orang yang memiliki kesibukan yang tinggi sehingga melupakan kebutuhan tubuhnya yakni air. Nah bagaimana mencukupi kebutuhan minum ketika sibuk?

Pertama

Yang pertama adalah minum air putih segelas sesaat setelah bangun tidur. Setelah bangun tidur biasanya kita melakukan banya aktivitas seperti olahraga, beribadah, mandi, memasak, dan lainnya.

Kedua

Yang kedua adalah setelah sarapan. Mengusahakan minum satu gelas seusai sarapan membantu mencukupi tubuh dalam menghidrasi.

Ketiga

Yang ketiga adalah minum satu gelas air putih selanjutnya saat jam 10 pagi. Jam sepuluh pagi adalah jam dimana kegiatan bekerja istirahat sesaat. Kita bisa minum sesaat untuk mencukupi kebutuhan air dalam tubu. Minum satu gelas hanya membutuhkan waktu yang sangat singkat. Apabila masih keberatan saat minum langsung satu gelas bisa minum setengah gelas terlebih dahulu.

Keempat

Yang keempat adalah minum satu gelas setelah makan siang. Kita bisa mengganti minuman berasa dengan air putih sehingga asupan air putih tetap terjaga.

Kelima

Yang kelima adalah minum satu gelas saat jam dua siang. Di sela-sela pekerjaan biasanya sangat suntuk. Alternatif lain saat suntuk ialah mengambil air minum yang ada di kantor. Minum ini bisa menjadi alternatif pilihan setelah mata sibuk dengan pekerjaan.

Mesin Kangen Water dapat diperoleh melalui distributor resmi Kangen Water. Periksa situs web resmi Kangen Water untuk informasi lebih lanjut.

Keenam

Yang keenam adalah minum satu gelas saat pulag. Untuk mencukupi kebutuhan minum delapan gelas perhari atau menyesuaikan kebutuhan cairan dalam tubuh maka kita bisa membaginya ke dalam beberapa waktu untuk minum. Minum satu gelas air putih bisa mengingatkan kebutuhan kita akan air minum.

Ketujuh

Yang ketujuh saat makan malam di rumah. Karyawan di ibukota biasanya pulang menggunakan KRL. Pada jam-jam ramai seperti pulang dari kantor pastinya banyak orang yang menjadi penumpang KRL. Setelah beraktivitas dalam perjalanan tentunya tubuh membutuhkan cairan. Apalagi saat berdesak-desakan dengan banyak orang di kereta. Minum satu gelas air putih bisa membantumu untuk memenuhi kebutuhan air minum.

Yang ke delapan adalah saat hendak tidur. Untuk mencukupi kebutuhan air minum delapan gelas per harinya kita bisa minum satu gelas air putih saat hendak tidur. Minum sebelum tidur membantu kita untuk tidak terbagun malam hari akibat kehausan. Saat tubuh dalam keadaan tidur pun otak tetap melakukan aktivitas walaupun tidak seberat saat terjaga.

Kedelapan

Air putih merupakan kebutuhan yang sangat esensial untuk tubuh. Dengan menjaga hidrasi yang bagus maka air dapat bermanfaat bagi tubuh mulai dari detoksifikasi, membantu pencernaan, melembabkan kulit, dan masih banyak lagi yang lainnya. Pastikan kita mencukupi kebutuhan air minum tiap harinya ya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top