Manfaat Tidur Cukup Bagi Anak, Nomor 1 Sungguh Menarik

Manfaat tidur cukup bagi anak

Manfaat tidur cukup bagi anak – Halo sobat kangen water. Bagaimana kabarnya? Tentu saja baik kan. Anak-anak memiliki dunianya tersendiri. Berbeda dengan orang dewasa. Anak-anak memiliki dunia belajar dan bermain. Selain itu anak-anak harus memiliki tidur yang cukup untuk mendukung tumbuh kembangnya.

Tidur yang cukup memiliki peran yang sangat penting dalam mendukung tumbuh kembangnya. Anak-anak yang mendapat tidur yang cukup akan memiliki kesehatan yang lebih baik dibandingkan dengan anak-anak yang tidurnya kurang. Nah kenapa bisa begitu? Simak artikel ini sampai habis ya.

Manfaat Tidur Cukup Bagi Anak

Baik Untuk Pertumbuhan

Manfaat tidur cukup bagi anak untuk poin yang pertama adalah baik untuk pertumbuhan. Pertumbuhan bagi anak-anak menjadi hal yang sangat penting karena di masa ini adalah masa pertumbuhan. Selain asupan makanan, yang menjadi pokok selanjutnya adalah tidur yang cukup bagi anak.

Masa anak-anak adalah masa pertumbuhan pesat bagi perkembangan anak itu sendiri. Tidur yang cukup sangat berkorelasi dengan pertumbuhan anak. Saat tidur, tubuh melepaskan hormon yang penting untuk pertumbuhan anak-anak.

Hormon inilah yang berfungsi untuk mendukung pertumbuhannya. Selain untuk tumbuh kembangnya, hormin ini mendukuung pertumbuhan sel-sel dan tulang sehingga penting untuk perkembangan fisiknya.

Disinilah peran orangtua diperlukan karena anak belum bisa meregulasi kegiatan tidurnya. Orangtua berperan penting terhadap kecukupan tidur si anak. Orangtua bisa membuat batasan-batasan agar kebutuhan tidur si anak dapat tercukupi.

Memulihkan Sel

Manfaat tidur cukup bagi anak yang kedua adalah memulihkan sel. Sel-sel dalam tubuh ini penting untuk perkembanganya. Tidur adalah waktu yang tepat untuk memperbaiki sel yang rusak.

Sel dalam tubuh ternyata bisa rusak. Faktor-faktor lain yang bisa menyebabkan sel tubuh rusak adalah radikal bebas, radiasi, virus, dan masih banyak lagi yang lainnya. Kabar baiknya sel yang rusak dalam tubuh ini bisa digantikan dengan bantuan tidur yang cukup.

Wah sampai segitunya ya manfaat tidur ini. Luar biasa kan? Memulihkan sel ini sangat penting untuk perkembangan dan pertumbuhan si kecil. Tapi jangan salah lho ternyata sel yang rusak ini merupakan hal yang normal bagi manusia itu sendiri.

Namun untuk memulihkan sel, tubuh bisa melakukannya sendiri dengan cara salah satunya adalah tidur yang cukup.

Mengatur Berat Badan

Seringkali kita melihat anak-anak memiliki berat badan yang berlebihan. Nah berat berlebihan ini tidak hanya berfokus pada satu faktor saja yaitu makan. Nah apa penyebab lainnya kok bisa si anak ini memiliki berat badan yang berlebih? Salah satu faktornya adalah tidak tidur dengan cukup.

Manfaat tidur cukup bagi anak yang selanjutnya adalah mengatur berat badan. Loh ada kaitan apa antara tidur dan berat badan?

Tidur yang cukup merupakan waktu yang tepat dimana hormon yang memengaruhi nafsu makan berfungsi. Kekurangan istirahat terutama tidur bagi anak memengaruhi hormon yang mengontrol nafsu makan.

Kurangnya tidur menyebabkan sinyal lapar meningkat dalam tubuh. Nah apa nih jadinya ketika sinyal lapar ini meningkat? Yang terjadi adalah kita semakin lapar. Ketika lapar, otak mengirimkan sinyal agar kita makan. Jika sinyal lapar ini semakin meningkat maka makanan yang kita makan juga semakin meningkat.

Cadangan lemak dan gula semakin bertambah tatkala makan kita banyak. Nah cadangan inilah yang menyebabkan kita menjadi gemuk. Berbeda tatkala anak-anak tercukupi kebutuhan tidurnya. Sinyal kenyang ini dikirim tatkala anak-anak tercukupi kebutuhan tidurnya.

Sinyal yang terkirim menjadikan anak-anak nafsu makannya berkurang. Nafsu makan yang berkurang membuat anak-anak kebutuhan makannya tidak sebanyak ketika nafsu makannya naik ketika tidur berkurang. Ternyata ini toh korelasi antara tidur dan mengatur berat badan.

Berperan Dalam Mengatur Emosi

Emosi bisa datang dan pergi. Keberadaannya tidak menetap secara statis. Emos begitu dinamis. Ada begitu banyak emosi yang bisa kita rasakan sebagai manusia. Emosi seperti sedih, marah, takut, cinta, jijik, dan lainnya.

Emosi tidak selamanya menetap pada tubuh kita. Mungkin detik ini anak-anak emosi sampai meledak-ledak. Namun menit berikutnya emosi sedihnya muncul dalam dirinya. Emosi datang dan pergi.

Manfaat tidur cukup bagi anak untuk poin ketiga adalah berperan dalam mengatur emosi. Kurang tidur menimbulkan efek stres yang meningkat dalam tubuh. Stres ini membuat orang jadi lebih rentan untuk marah-marah. Tidur yang memadai berkontribusi pada pemeliharaan keseimbangan emosional dan mengurangi risiko reaksi emosional yang berlebihan terhadap situasi sehari-hari.

Mendukung Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat tidur cukup bagi anak pada poin kelima adalah mendukung sistem kekebalan tubuh. Wah ternyata udah sampai poin ke lima saja ya. Setelah kita cermati ternya banyak sekali manfaat tidur cukup bagi anak.

Sistem kekebalan tubuh sangat berperan terhadap kemampuan untuk melindungi tubuh dari berbagai virus dan bakteri yang banyak bertebaran. Udara atau lingkungan luar merupakan sarangnya bakteri dan virus. Banyak sekali virus yang bertebaran di udara.

Tidak hanya virus saja. Bakteri juga banyak bertebaran di berbagai lingkungan yang kita tempati. Salah satu cara untuk memerangi keduanya adalah dengan tidur yang cukup. Wah sungguh tidak menyangka bahwa tidur merupakan kebutuhan pokok manusia yang memiliki banyak manfaatnya.

 Pemenuhan tidur yang memadai mendukung kinerja sistem kekebalan tubuh pada anak-anak dan juga memberikan perlindungan terhadao risiko infeksi dan penyakit. Seperti yang kita tahu bahwa anak-anak sangat aktif sekali dalam kegiatannya.

Anak-anak menyukai kegiatan di luar ruangan. Luar rungan merupakan lingkungan bakteri dan virus yang jumlah dan variasi yang sangat banyak sekali. Kita tidak bisa melindungi sepenuhnya. Nah memastikan anak memiliki tidur yang cukup merupakan salah satu cara agar anak-anak kebal terhadap bakteri dan virus yang ada.

Perlu kerjasama antara bapak dan ibu agar kebutuhan tidurnya cukup alias terpenuhi. Menetapkan beberapa aturan agar anak-anak terpenuhi kebutuhan tidurnya merupakan pilihan yang bijak.

Mesin Kangen Water dapat diperoleh melalui distributor resmi Kangen Water. Periksa situs web resmi Kangen Water untuk informasi lebih lanjut.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, kecukupan tidur memiliki dampak positif yang besar pada kesehatan dan perkembangan anak-anak. Tidak hanya orang dewasa saja yang membutuhkan manfaat dari tidur yang cukup. Anak-anak juga perlu mendapatkan manfaat ini agar tumbuh kembangnya juga bagus.

Pertumbuhan fisik yang optimal, pemulihan sel tubuh, pengaturan berat badan yang sehat, dan dukungan terhadap sistem kekebalan tubuh adalah beberapa manfaat utama yang dapat diperoleh dari tidur yang cukup. Selain itu, peran penting tidur dalam mengatur emosi anak-anak membantu mereka menghadapi kehidupan sehari-hari dengan keseimbangan emosional.

Peranan orang tua sangat penting dalam memastikan anak-anak memperoleh tidur yang memadai, dengan menetapkan aturan dan menciptakan lingkungan tidur yang nyaman. Oleh karena itu, pemahaman akan pentingnya tidur yang cukup menjadi dasar untuk memberikan perhatian khusus terhadap pola tidur anak-anak, yang pada akhirnya akan membantu mereka tumbuh menjadi individu yang sehat baik secara fisik maupun mental.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top