Lima Manfaat Makanan Sehat dan Bergizi, Nomor 2 Bikin Tercengang

Manfaat makanan sehat dan bergizi

Manfaat makanan sehat dan bergizi – Pernahkah kita berpikir kalau alam sudah menyiapkan semua keperluan kita sebagai manusia termasuk makanan itu sendiri. Ada banyak jenis makanan di muka bumi ini. Selain itu seiring dengan berkembangnya ilmu teknologi pangan, makanan semakin bervariasi lagi.

Nah apa sih definisi makanan sehat dan bergizi? Makanan sehat dan bergizi adalah makanan yang aman dikonsumsi, seimbang, dan memberikan manfaat bagi tubuh karena kandungan nutrisinya. Dari banyaknya makanan yang ada ternyata ada yang tidak bisa dikonsumsi oleh manusia karena kandungan racunnya.

Selain itu makanan yang kita makan harus seimbang. Seimbang disini memiliki banyak variasi seperti terdapat kandungan karbohidrat, lemak, protein, vitamin, dan mineral. Karbohidrat tidak hanya bersumber dari nasi saja loh. Untuk variasinya kita bisa memilih makanan yang mengandung karbohidrat selain nasi. Bisa kentang, jagung, ubi jalar, pisang, dan makanan lainnya yang mengandung karbohidrat.

Lemak dan protein bisa kita peroleh dari lemak hewani dan lemak nabati. Protein bisa kita dapatkan dari sumber-sumber protein hewani atau nabati. Vitamin bisa kita peroleh dari sayur dan buah-buahan sedangkan mineral bisa kita peroleh dari sayur-sayura, biji-bijian, maupun buah-buahan.

Manfaat Makanan Sehat dan Bergizi

1. Sumber Energi

Saat kita sudah beraktivitas yang banyak pastinya kita lapar. Lapar adalah sinyal bahwa kita membutuhkan energi sebagai bahan bakar agar kita bisa beraktivitas lagi. Sumber energi bisa kita dapatkan pada karbohidrat.

Selain karbohidrat, sumber energi yang lain adalah lemak. Lemak dalam satu gramnya bisa memberikan kalori sebanyak 9 kalori loh. Lebih banyak dibandingkan dengan satu gramnya karbohidrat.

2. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Selain melakukan aktivitas fisik seperti olahraga kita bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh dengan makanan sehat dan bergizi. Makanan yang bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh misalnya adalah buah-buahan.

Kandungan vitamin pada buah-buahan sudah tidak diragukan lagi manfaatnya bagi tubuh. Kandungan antioksidan yang tinggi pada buah inilah yang bisa memberikan perlidungan tubuh dari radikal bebas yang banyak tersebar di sekitar kita.

Selain kandungan antioksdan ada kandungan vitamin C yang juga memperkuat sistem kekebalan tubuh loh. Vitamin C merupakan vitamin yang bisa meningkatkan produksi sel kekebalan dalam tubuh. Vitamin C atau asam askorbat banyak kita temukan di jeruk, jambu biji, dan buah-buahan yang lain.

3. Membantu Proses Pencernaan

Manfaat makanan sehat dan bergizi yang ketiga adalah membantu proses pencernaan. Serat dalam sayur dan buah-buahan sangat berperan dalam membantu proses pencernaan.

Tanpa serat, pencernaan kita tidak lancar. Serat memiliki sifat mengikat air sehingga mudah dalam mengeluarkan sisa makanan dan tidak sembelit.

Walaupun serat tidak bisa dicerna oleh tubuh tapi serat memberikan manfaat yang luar biasa dalam pencernaan. Dengan dibantu konsumsi air yang cukup, serat dan air bekerja sama dalam membantu proses pencernaan makanan kita.

4. Membantu Merawat Kesehatan Kulit

Manfaat makanan sehat dan bergizi yang selanjutnya adalah membantu merawat kesehatan kulit. Tidak hanya skincare saja loh yang merawat kesehatan kulit. Ada peran makanan dalam merawat kesehatan kulit.

Sering nggak sih kita mengonsumsi makanan yang banyak gulanya sehingga menyebabkan jerawat pada wajah kita? Nah ini baru gula nih yang kita konsumsi. Pernah juga tidak terlalu banyak mengonsumsi lemak sehingga wajah kita juga berjerawat. Ada korelasinya ternyata antara makanan dan minuman yang kita konsumsi untuk kesehatan kulit kita.

Ada antioksidan dalam makanan seperti buah dan sayur nih dalam makanan yang kita konsumsi. Antioksidan ini juga memiliki andil dalam merawat kesehatan kulit. Antioksidan juga bisa menutrisi kulit kita sehingga sehat dalam dan luar.

5. Membantu Proses Pembentukan Sel yang Baru

Manfaat makanan sehat dan bergizi yang kelima adalah membantu proses pembentukan sel yang baru. Bukan karbohidrat atau vitamin loh yang membentuk sel yang baru. Tapi protein.

Protein bisa kita dapatkan dalam sumber seperti daging, telur, kedelai, dan lainnya. Selain memiliki rasa enak seperti gurih, protein inilah yang berfungsi sebagai agen pembentuk sel baru dalam tubuh kita.

Baca juga: Manfaat Konsumsi Sayur dan Buah, Bisa Buat Perasaan Lebih Bahagia

Kebutuhan Gizi Pada Tubuh Manusia

1. Karbohidrat

Kata karbohidrat ini terdengar tidak asing lagi bagi kita. Karbohidrat merupakan sumber energi utama bagi tubuh kita. Selain karbohidrat, lemak juga bisa sebagai sumber energi loh. Tiap gram karbohidrat mengandung kalori sebanyak 4 kalori. Sedangkan 1 gram lemak bisa mengandung 9 kalori. Lemak ternyata menyumbang kalori yang lebih banyak dibandingkan dengan karbohidrat ya.

Sumber karbohidrat tidak hanya nasi saja. Ada sumber lain yang bisa menjadi referensi kita seperti jagung, ketela, ubi, kentang, pisang, dan lain-lain. Referensi ini bisa menjadi pilihan kita ketika kita bosan dengan makan nasi.

2. Lemak

Apa yang terpikirkan ketika mendengar kata lemak? Gemuk? Lemak dalam jumlah tertentu dibutuhkan oleh tubuh. Kelebihan lemak dalam tubuh juga tidak baik loh. Kelebihan lemak dalam tubuh bisa menyebabkan kegemukan karena lemak disimpan dalam tubuh.

Fungsi lemak yang pertama adalah sebagai sumber energi. Jika tidak ada karbohidrat atau gula dalam tubuh maka lemak bisa menggantikan sumber energi tersebut untuk diubah ke dalam energi. Tidak hanya itu saja, lemak juga sebagai pelarut vitamin. Vitamin yang larut dalam lemak adalah vitamin A,D,E,K.

3. Protein

Protein biasanya identik dengan lauk yang kita makan sehari-sehari. Berdasarkan sumbernya, protein dibagi menjadi dua yaitu protein hewani dan nabati. Protein bisa kita dapatkan dari telur, tempe, tahu, daging ayam, daging sapi, daging ikan, dan lainnya.

Fungsi protein adalah membangun tubuh. Selain itu protein memiliki peran untuk memperbaiki sel-sel yang rusak. Sudah mengonsumsi protein apa hari ini?

4. Mineral

Mineral disini bukan mineral yang ada di dalam tanah seperti tambang ya hehe. Bukan sumber daya mineral itu yang dimakasud. Pokoknya bukan hehe. Mineral yang dimaksud disini adalah mineral dalam makanan dan minuman yang diperlukan oleh tubuh.

Dalam jumlah yang kecil, mineral memiliki peran yang penting bagi tubuh. Mineral seperti natrium, kalsium, zat besi, kalsium, kalium, magnesium, fosfor, klorida dan masih banyak lagi yang lainnya. Mineral di atas merupakan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Kalsium untuk kesehatan tulang dan gigi. Zat besi untuk pembentukan hemoglobin pada darah. Dalam jumlah kecilpun mineral ini punya dampak yang besar loh.

5. Air

Air merupakan kebutuhan pokok sehari-hari. Tanpa air kita kehausan hingga dehidrasi. Kita tidak bisa hidup tanpa air.

Dalam tubuh, kandungan air sebanyak 60%. Jadi komposisi tubuh manusia sebanyak 60%nya adalah air. Lebih dari setengahnya sendiri adalah air. Luar biasa ya. Air juga memiliki peran loh dalam tubuh manusia seperti mencegah dehidrasi, melancarkan pencernaan, hingga berperan dalam fokus.

Apalagi dengan air kangen water. Rasa airnya yang lebih segar dan memiliki banyak khasiat membuat banyak orang mengonsumsi kangen water. Kandungan phnya yang tinggi inilah yang membuat kangen water dicari.

Mesin Kangen Water dapat diperoleh melalui distributor resmi Kangen Water. Periksa situs web resmi Kangen Water untuk informasi lebih lanjut.

Kesimpulan

Manfaat makanan sehat dan bergizi adalah mc, merawat kesehatan kulit, dan membantu pembentukan sel yang baru. Kombinasi antara karbohidrat, lemak, protein, vitamin, mineral, dan air dapat memenuhi kebutuhan nutrisi dalam tubuh.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top