Kandungan Air Kangen Water yang Luar Biasa Untuk Kesehatan

Kandungan air kangen water – Halo sobat kangen water! Semoga sobat kangen water selalu dalam keadaan sehat dan dalam lindungan-Nya. Sehari kemarin sobat kangen water sudah minum berapa gelas air minum per harinya? Pastikan kebutuhan cairanmu terpenuhi ya sobat. Karena menilik lebih dalam mengenai manfaat serta khasiat terpenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh, maka sobat kangen water harus selalu ingat loh.

Seringnya kalau kita ikut rapat pasti tersaji air minuman mineral yang tak kalah menyegarkan. Nah air kangen water ini juga tak kalah menyegarkan loh dibanding air mineral yang ada di pasaran. Selain menyegarkan ternyata air kangen water juga memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Sebelum kita menilik lebih lanjut lagi mengenai manfaat air kangen water alangkah lebih baiknya kita berkenalan dahulu dengan kangen water.

Definisi Kangen Water

Kata kangen water sudah tidak asing lagi di telinga kita. Nah apa sih kangen water itu? Air kangen water adalah air yang dihasilkan dari mesin kangen water. Air kangen water disebut juga air alkali karena memiliki ph alkali. Ph alkali atau ph basa adalah dua kata yang sama pengertiannya.

Kangen water artinya bukan air rindu ya hehe. Kalau dalam Bahasa Indonesia, kangen memiliki sinonim atau persamaan kata dengan rindu. Kangen ini ternyata dari Bahasa Jepang loh. Tidak ada kaitan sama sekali dengan istilah rindu.

Kangen water merupakan kata yang berasal dari Bahasa Jepang dan dibaca dengan sebutan ‘Kan-Gen’. Karena kita dari orang Indonesia maka maklumlah jika banyak yang menyebutkan dengan sebutan kangen hehe. Dalam Bahasa Jepang, ‘Kan-Gen’ memiliki arti kembali ke asal atau kembali ke sumber.

Perusahaan Jepang yang bernama Enagic inilah yang mengembangkan produk kangen water pada tahun 1974. Fokus dari Perusahaan Enagic adalah pada teknologi pengionisasi air.

Kalau saat SMA kita masuk jurusan IPA khususnya kimia, pasti tidak asing dengan istilah eletrolisis. Istilah elektrolisis berkaitan dengan reaksi kimia yang menggunakan energi listrik. Saat praktikum kimia dulu pasti kita juga sering memakai alat yang bernama Amperemeter untuk mengecek sampel yang dianalisis menggunakan metode elektrolisis.

Ph Kangen Water

Kalau sekarang kita berkenalan dengan ph kangen water. Berapa sih tingkat keasaman kangen water? Kangen water memiliki kadar ph sebesar 8,5 hingga 9,5. Nah apasih artinya dari nilai tersebut?

Sambil mengingat-ingat pelajaran IPA SMP tentang ph, apa sih ph itu? Ph yang memiliki kepanjangan dari Potential of Hydrogen merupakan derajat keasaman yang digunakan untuk mengetahui tingkat keasaman atau kebasaan yang dimiliki oleh suatu larutan. Ph ini bisa kita cek menggunakan kertas ph, ph meter, ataupun kertas lakmus. Untuk kertas lakmus nanti akan berubah warnanya saja. Tidak menunjukkan angka phnya.

Kertas lakmus setelah dimasukkan ke dalam larutan asam nantinya akan berwarna merah. Jika dimasukkan ke dalam larutan basa maka warnanya biru. Untuk mengetahui nilai ph secara tepat dan akurat alangkah lebih baiknya jika kita menggunakan alat yang bernama ph meter.

Baca juga: Apa Itu Kangen Water? Kandungan dan Manfaat, Lebih Sehat Dari Air Biasa

Kandungan Air Kangen Water

Antioksidan

Kandungan air kangen water untuk yang pertama adalah antioksidan. Antioksidan adalah senyawa kimia yang berfungsi melawan radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas ini jika tidak dilawan maka akan menyebabkan sejumlah penyakit. Pastinya kita tidak mau kan ya jika sakit. Nah kita bisa meminum air kangen water untuk mendapatkan antioksidan tersebut.

Selain air kangen water yang memiliki kandungan antioksidan, ada buah dan sayur yang memiliki kandungan antioksidan yang tinggi pula. Tinggal memilih saja mana yang ingin kita konsumsi.

Mengandung Mineral yang Dibutuhkan Oleh Tubuh

Kandungan air kangen water yang kedua adalah mengandung mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Mineral yang ada pada kangen water diantaranya adalah kalsium, magnesium, kalium, dan natrium. Kalsium dalam tubuh memang dibutuhkan. Mineral kalsium memiliki peran kunci dalam menjaga kesehatan tubuh.

Kalsium sangat terkenal akan fungsi utamanya yaitu menjaga kesehatan tulang dan gigi. Dalam tubu, sebanyak 99% kalsium terdapat pada tulang dan gigi karena kalsium menjadi mineral kunci utama dalam pembentukan tulang dan gigi.

Kalsium juga berperan dalam memperkuat struktur tulang dan gigi selama masa pertumbuhan manusia. Selain itu kalsium juga memiliki peran dalam proses pembentukan tulang dan gigi secara optimal. Kalsium juga menghambat perkembangan osteoporosis seiring bertambahnya usia.

Mineral yang selanjutnya adalah magnesium. Nah apa nih peran magnesium dalam tubuh? Magnesium juga sangat penting untuk membentuk sel tulang baru dan menjaga kepadatan tulang. Banyak penelitian yang menyatakan bahwa magnesium dapat mengurangi risiko osteoporosis, patah tulang, dan penyakit tulang.

Wah luar biasa ya kandungan mineral dalam kangen water. Kandungan mineral yang banyak bermanfaat untuk tubuh kita.

Manfaat Kangen Water

Meningkatkan hidrasi

Pokoknya jangan sampai tubuh kita dehidrasi ya. Apa sih dehidrasi itu? Dehidrasi adalah kondisi tubuh kita yang kekurangan caairan. Untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh kita bisa minum air kangen water atau sumber lain yang mengandung banyak cairan. Apa nih sumber lain yang mengandung banyak cairan? Ada sayur dan buah.

Tubuh kita yang sebagian besar mengandung air harus kita penuhi loh kebutuhan cairannya. Dehidraasi dapat menyebabkan gejala-gejala yang tidak mengenakkan bagi tubuh. Seperti lemas karena tidak bertenaga, pusing, urin gelap, mual, mulut kering, dan hal tidak mengenakkan lainnya.

Untuk itu diperlukan asupan cairan yang memadai untuk menjaga keseimbangan kondisi cairan dalam tubuh dan mendukung fungsi metabolisme sel tubuh.

Berdasarkan Pedoman Gizi Seimbang dari Peraturan Menteri Kesehatan terdapat empat pedoman nih untuk konsumsi air. Bagi anak-anak disarankan untuk mengonsumsi 5-6 gelas air per hari. Orang dewasa sebanyak 8-12 gelas per hari. Ibu hamil sebanyak 12-13 gelas per hari dan orang tua di kisaran 1,5-1,6 gelas per hari.

Mendukung Fungsi Pencernaan

Air kangen water juga mendukung fungsi pencernaan pada manusia. Loh kok bisa? Air liur dalam mulut kita berperan dalam melembabkan makanan. Bisa kebayang kan kalau makanan yang kita makan tidak lembab? Bahkan lidah pun tidak bisa merasakan makanan jika tidak ada air liur dan makanannya sangat kering sekali. Walaupun rasanya enak sekali tapi kalau lidah tidak bisa merasakan rasanya ada yang kurang.

Dalam mulut, air liur juga memudahkan proses pengunnyahan dan penelanannya. Ketika makanan bergerak ke usus halus air disini juga memiiki peran yang penting. Air membantu memasukkan sekresi yang lebih encer ke dalam usus kecil. Bersama dengan enzim akan bekerja secara efektif jika ada pada lingkungan yang memiliki cairan yang cukup. Fungsi air juga mempercepat proses kimia lalu mempersiapkan penyerapan produk akhir pencernaan.

Air juga memiliki peran dalam usus besar. Air bersama serat akan membantu proses pencernaah akhir kita.

Kesimpulan

Kangen water merupkan air yang dihasilkan dari mesin pengionisasi air. Kangen water memiliki kandungan antioksidan dan mineral. Mineral yang ada pada kangen water adalah kalsium, magnesium, kalium, dan natrium. Air kangen water juga memiliki khasiat meningkatkan hidrasi, mendukung fungsi pencernaan, dan memberikan manfaat kesehatan secara optimal.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top