Lima Tips Menghadapi Stres, Nomor Satu Jarang Kita Lakukan

Tips menghadapi stres – Apa sih yang terlintas di pikiran kita tatkala mendengar kata stres? Banyak dari kita yang mempersepsikan bahwa stres adalah kondisi yang negatif. Pokoknya kita tidak boleh stres. Pernah mendengar seperti itu? Sering ya hehe.

Padahal stres bisa menjadi alarm bagi tubuh loh kalau tubuh kita sedang tidak baik-baik saja dan harus ditangani segera agar efeknya tidak mengganggu produktifitas. Pernah mendengar orang yang stres sampai tiduran terus sehingga tidak bisa melakukan aktivitas sehari-hari? Wah ngeri juga ya akibatnya. Apa sih stres itu?

Pengertian Stres

Stres sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan manusia. Bukan berarti stres itu 100% buruk loh. Stres bisa dirasakan oleh siapapun. Stres bisa berasal dari kehidupan rumah, kampus, pekerjaan, pertemanan, dan masih banyak lagi lainnya.

Dalam percakapan sehari-hari kita pasti banyak yang mengucapkan bahwa mereka sedang stres. Wah aku karena dosen pembimbingku susah dihubungi aku jadi stres nih. Atau pekerjaanku di dunia akuntansi banyak banget bikin pusing dan stres. Sering ya kita mendengar kata-kata seperti itu. Nah apa sih stres itu?

Stres menjadi penting bagi tubuh karena bisa menjadi alarm. Stres merupakan respon fisik dan emosional manusia terhadap perubahan lingkungan yang banyak penyesuaian. Kejadian stres merupakan bagian alami dari respon manusia. Stres yang berat dan berkelanjutan dapat menyebabkan bahaya pada kesehatan kita.

Penyebab Stres

Penyebab stres bisa berbeda-beda. Orang dewasa dengan anak-anak pasti memiliki penyebab stres yang berbeda. Karena hidup orang dewasa lebih kompleks dan penuh tanggungjawab maka orang dewasa lebih banyak yang mengalami stres.

Bagi orang dewasa penyebab stres bisa bermacam-macam. Misalnya hubungan dengan rekan kerja, urusan kerjaan, kegagalan beasiswa dalam maupun luar negeri, gagal seleksi CPNS, tidak keterima Perguruan Tinggi Negeri favorit, kesulitan dalam mengerjakan skripsi, tesis, bahkan disertasi, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Lain halnya dengan pelajar atau anak-anak yang stres. Penyebabnya bisa bermacam-macam diantaranya adalah kesulitan dalam memahami pelajaran di sekolah, banyaknya pelajaran yang tidak dimengerti hingga permasalahan dengan temannya.

Tapi bagi orang dewasa kita tidak boleh menyepelekan stresnya anak kecil. Sebisa mungkin kita juga turut andil untuk mensuportnya.

Ciri-ciri Orang yang Mengalami Stres

Stres pada manusia juga ada ciri-cirinya. Ciri-ciri ini bisa kita ketahui dan bisa menjadi penanda bahwa kita sedang mengalami stres. Nah apa saja ciri-ciri orang yang mengalami stres?

1. Keringat Bercucuran

tips menghadapi stres

Siapa nih yang dulunya seminar hasil penelitian atau bahkan saat sidang skripsinya keringat mengucur deras? Bisa jadi saat itu kita dalam kondisi stres. Stres karena berbagai tekanan. Tekanan dari dosen pembimbing yang menginginkan kita bisa menjawab pertanyaan dosen lain secara sempurna. Tekanan dari orang tua ingin kita segera lulus. Juga tekanan dari kondisi lingkungan karena teman-teman sudah pada lulus semua dan lainnya. Keringat bercucuran menjadi ciri yang pertama kalau kita sedang mengalami stres.

2. Detak Jantung Kencang

Wah pasti dari kita semua ini dipastikan semuanya pernah mengalami yang namanya jantung berdegup secara kencang. Istilah lainnya adalah deg-degan. Detak yang berdegup kencang menjadi ciri-ciri yang kedua bahwa kita sedang mengalami stres.

3. Mual

tips menghadapi stres

Kalau mual adalah kondisi kita hendak muntah maka saat muntah maka kita mengalami yang namanya isi lambung akan bergerak keluar melalui mulut. Mulut pasti rasanya pahit karena makanan kita yang ada di lambung sudah bercampur dengan Asam klorida. Asam klorida di dalam lambung memiliki tingkat keasaman yang tinggi untuk mematikan bakteri yang terbawa oleh makanan. Mual ini menjadi ciri selanjutnya bahwa kita sedang stres.

4. Pusing

Tidak sedang dalam keadaan sakit flu atau yang lainnya. Nah pusing ini merupakan ciri bahwa kita sedang stres.

5. Kesulitan Tidur

Hayo siapa nih yang kesulitan untuk tidur? Walaupun kesulitan untuk tidur merupakan efek dari banyak hal seperti tubuh tidak lelah, karena kita mainan hape. Tidak bisa tidur bisa merupakan efek dari stres.

6. Mudah Marah

Tatkala kita sedang capek dan stres pasti banyak orang yang kena imbasnya apabila kita tidak bisa meregulasi stres kita. Orang rumah seperti kakak atau adek bisa menjadi sasara kita. Bahkan orang lain yang menanyakan progres skripsi kita yang sedang bermasalah bisa menjadi pemicu marah yang sangat dahsyat. Mudah marah merupakan ciri stres secara emosional yang pertama.

7. Kesulitan Fokus

tips menghadapi stres

Saat stres menyerang kita, kita jadi sulit untuk fokus. Pengen ambil piring malah sampai ke kamar mandi. Pengen nyapu malah pegang raket. Terdengar lucu namun inilah ciri stres secara emosional yang kedua yakni kesulitan untuk fokus.

8. Mudah Menangis

Hati orang yang stres menjadi lebih sensitif sehingga terlihat mudah menangis. Padahal hanya ditanya pertanyaan yang sebenarnya tidak menyinggung hati. Namun akibat stres, tubuh meresponnya dengan pertanyaan yang menyakitkan. Lalu tubuh merespon untuk menangis. Mudah menangis menjadi ciri stres secara emosional yang ketiga.

Baca juga: Kegiatan Pagi Hari yang Bikin Semangat Menjalani Hari

Tips Menghadapi Stres

1. Rutin Berolahraga

Siapa nih yang suka rutin berolahraga? Selain tubuh menjadi bugar karena otot sering dilatih untuk berolahraga, ternyata olahraga bisa menjadi salah satu cara untuk menghadapi stres. Saat kita sedang melakukan aktivitas fisik atau lebih tepatnya berolahraga maka tubuh akan melepaskan sebuah hormon. Hormon tersebut bernama endorfin. Endorfin ini bisa mengurangi cemas, khawatir, tertekan, dan membuat kita jadi lebih bahagia loh. Maka dari itu yuk rutin berolahraga.

2. Tidur yang Cukup dan Teratur

Tips menghadapi stres yang kedua adalah tidur yang cukup dan teratur. Tidur yang cukup menjadikan kita jadi lebih bisa mengendalikan emosi. Kurang tidur berakibat lelah secara fisik dan emosional sehingga kita mudah marah dan stres. Jadi jangan lupa tidur yang cukup dan teratur ya agar terhindar dari stres.

3. Berpikir Positif

Tips menghadapi stres yang ketiga adalah berpikir positif. Kita bisa berpikir positif dengan mengucapkan kalimat-kalimat afirmasi yang bagus untuk tubuh kita. Nantinya berpikir positif menjadikan energi di dalam tubuh kita menjadi positif sehingga bisa mengurangi stres yang ada. Selain itu kita bisa mmenggunakan sudut pandang yang berbeda namun tetap positif agar otak merespon dengan positif pula.

4. Minum Air Putih yang Cukup

Tips menghadapi stres yang selanjutnya adalah minum air putih yang cukup. Siapa sangka kegiatan harian kita seperti minum ini bisa menjadi salah satu senjata untuk menghadapi stres pada diri kita. Minum air putih dapat mengurangi stres karena air dapat melancarkan aliran darah ke otak.

Darah ini membawa nutrisi dan oksigen yeng diperlukan oleh otak. Kita bisa minum air kangen water loh untuk mencukupi kebutuhan air minum kita. Karena selain bisa mengurangi stres ternyata memiliki kandungan antioksidan.

Mesin Kangen Water dapat diperoleh melalui distributor resmi Kangen Water. Periksa situs web resmi Kangen Water untuk informasi lebih lanjut.

5. Pergi ke Alam Terbuka Hijau

Tips menghadapi stres yang kelima adalah pergi ke alam terbuka hijau. Pemandangan ini memanjakan mata dan menjadikan syaraf di tubuh kita menjadi tidak tegang. Rileks karena melihat pemandangan yang indah. Pergi ke alam terbuka hijau bisa menjadi alternatif pilihanmu untuk menghadapi stres.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top