10 Cara Sehat Dalam Pembuatan Jus Buah, Tetap Segar Nutrisi Terjaga

Cara Sehat Dalam Pembuatan Jus Buah

Menikmati buah dapat kamu lakukan dengan berbagai cara, seperti mengonsumsinya secara langsung atau menjadikannya sebagai bahan makanan. Salah satu alternatif praktis dan lezat adalah mengolahnya menjadi jus segar. Maka dari itu, kamu perlu tahu cara sehat dalam pembuatan jus buah agar tetap segar dan nutrisinya pun terjaga.

Menjalani kebiasaan mengonsumsi buah secara teratur memang terbukti dapat mengurangi tekanan darah, mengurangi risiko penyakit jantung, serta mencegah gangguan pencernaan.

Namun, dalam mengonsumsi jus buah sebagai pilihan yang sehat, penting untuk tidak sembarangan dalam proses pengolahannya. Sayangnya, cara yang tidak benar dalam pembuatan jus dapat mengakibatkan masalah kesehatan daripada memberikan manfaat. Apalagi jus buah yang tidak memenuhi standar kebersihan dapat berdampak negatif pada kesehatan.

Cara Sehat Dalam Pembuatan Jus Buah

Tentunya, kamu tidak mau kan mengalami dampak buruk setelah mengkonsumsi jus yang kamu buat? Oleh karena itu, mari perhatikan cara sehat dalam pembuatan jus buah berikut.

1. Memastikan Buah Masih Segar

langkah-langkah membuat jus buah

Sebelum mengolah buah menjadi jus, yang perlu kamu perhatikan pertama kali adalah memastikan kesegaran buah itu sendiri. Pilihlah buah yang masih segar, karena jika buah tersebut sudah layu atau terlalu matang, kandungan nutrisinya akan berkurang. 

Seleksi buah dengan kematangan yang tepat, selain memberikan rasa yang lebih manis, juga menjadikan buah tersebut lebih aman kamu konsumsi. Hindari buah yang belum matang sepenuhnya, karena dapat mengganggu sistem pencernaan dan menyebabkan ketidaknyamanan perut. 

Tentu saja, hal ini harus kamu hindari agar niat untuk menjaga kesehatan tidak berujung pada masalah pencernaan yang tidak kamu inginkan.

Kamu mungkin bisa memilih buah organik untuk memastikan kualitas makanan yang lebih baik. Karena makanan organik dibudidayakan tanpa menggunakan bahan kimia yang dapat membahayakan kesehatan, sehingga dapat menjadi alternatif yang lebih aman dan bermanfaat.

2. Wajib Mencuci Buah Sampai Bersih

alat dan bahan membuat jus buah

Menjamin pencucian yang benar pada buah merupakan bagian penting dari proses pembuatan jus yang sehat. Berdasarkan informasi dari Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (US Food and Drug Administration), yang menyatakan bahwa buah mentah yang akan dikonsumsi mungkin mengandung bakteri berbahaya pada permukaannya. 

Ketika melakukan pencucian, cobalah untuk menggosok permukaan buah dengan tangan, dan menggunakan air mengalir agar bakteri dan residu pestisida dapat terbuang bersama aliran air. Selanjutnya, letakkan buah yang sudah kamu cuci pada wadah yang kering dan bersih.

3. Pastikan Tangan dan Peralatan untuk Membuat Jus Bersih

cara membuat jus buah untuk dijual

Langkah penting dalam cara sehat dalam pembuatan jus buah adalah memastikan kebersihan tangan dan peralatan yang akan kamu gunakan. 

Sebaiknya wadah blender, pisau, sendok, dan gelas yang akan digunakan tidak kamu gunakan secara bergantian untuk bahan makanan lain, seperti daging atau ikan. Tujuannya adalah untuk menghindari kontaminasi silang, yang merupakan proses penyebaran mikroorganisme ke dalam makanan melalui media tertentu.

Menurut informasi dari Departemen Kesehatan Minnesota, kontaminasi silang dapat menyebabkan penyakit bawaan makanan, yakni kondisi penyakit yang timbul akibat kontaminasi bakteri atau patogen pada makanan. 

Oleh karena itu, menjaga kebersihan peralatan dan tangan selama proses pembuatan jus sangatlah penting untuk memastikan keselamatan dan kesehatanmu.

4. Sebaiknya Kupas Kulit Buah Terlebih Dulu

Sebaiknya Kupas Kulit Buah Terlebih Dulu

Sebelum kamu  masukkan ke blender, lakukan langkah pertama dengan mengupas kulit buah untuk memastikan bahwa buah bebas dari paparan bakteri dan kotoran. 

Pastikan juga untuk membuang bagian daging buah yang sudah rusak, karena kualitas buah yang baik akan berkontribusi pada hasil jus yang lebih sehat dan lezat.

Meskipun demikian, terdapat jenis buah tertentu yang mungkin lebih baik kamu konsumsi bersama kulitnya, seperti apel, anggur, timun, dan tomat. Agar kulit buah aman untuk kamu konsumsi, pastikan untuk memilih produk yang masih segar dan mencucinya dengan teliti hingga bersih.

5. Batasi Penggunaan Pemanis Tambahan

Batasi Penggunaan Pemanis Tambahan

Batasilah penggunaan gula tambahan. Lebih baik jika kamu menghindari penggunaan gula tambahan secara keseluruhan saat membuat jus. Namun, jika kamu menginginkan rasa sedikit manis, lebih baik menggunakan madu daripada gula. 

Jika memilih gula, gunakan dengan bijak, karena penambahan gula berlebihan dapat meningkatkan jumlah kalori dalam jus dan memiliki dampak negatif pada kesehatan, seperti potensi pemicu obesitas dan diabetes. 

Menteri Kesehatan Indonesia merekomendasikan batas konsumsi gula harian bagi orang dewasa, yaitu maksimal 50 gram atau setara dengan 4 sendok makan per hari.

Baca Juga: 12 Cara Sehat Minum Kopi, Banyak Loh yang Belum Tahu

6. Pilih Alat Pembuat Jus yang Tepat

Pilih Alat Pembuat Jus yang Tepat

Dengan perkembangan teknologi yang pesat, mungkin kamu sudah akrab dengan berbagai macam perangkat pembuat jus. Salah satunya menawarkan proses yang lebih cepat, bahkan dapat menghilangkan ampas dari buah yang akan kamu jadikan jus. 

Meskipun demikian, hal ini bisa membuat jus yang kamu konsumsi hanya berisi sari buah, sementara seratnya hilang karena proses pemisahan otomatis. 

Padahal, serat memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan pencernaanmu. Oleh karena itu, penting untuk memilih mesin pembuat jus yang tepat sehingga kamu tidak kehilangan manfaat serat dari buah yang akan kamu konsumsi.

7. Campurkan Buah yang Memiliki Rasa Sama-sama Manis

Campurkan Buah yang Memiliki Rasa Sama-sama Manis

Ketika membuat jus buah, terkadang kamu ingin menciptakan variasi rasa dengan mengombinasikan beberapa jenis buah. Namun, sebaiknya hindari mencampur buah yang memiliki rasa manis dengan buah yang memiliki rasa asam.

Buah yang memiliki rasa manis umumnya tidak mengandung asam. Contoh buah-buah dengan karakteristik ini mencakup pisang, mangga matang, dan anggur manis.

Hindari mencampur buah-buah tersebut dengan buah yang memiliki karakter asam. Hal ini karena ada kemungkinan kombinasi keduanya dapat melambatkan pembentukan glukosa, bahkan bisa menyebabkan terbentuknya toksin.

8. Gunakan Blender Dibanding Mesin Jus Modern

Gunakan Blender Dibanding Mesin Jus Modern

Tidak ada masalah menggunakan mesin pembuat jus modern. Namun, perlu kamu ketahui bahwa mesin pembuat jus otomatis biasanya bekerja dengan cara memisahkan serat dan sari buah, sementara serat memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan pencernaan.

Situasinya berbeda ketika menggunakan blender biasa. Kandungan serat dalam buah tidak akan hilang karena sari dan serat tetap tercampur. Meskipun demikian, kamu juga perlu menambahkan air secukupnya saat menggunakan blender untuk memproses buah tersebut.

9. Tidak Semua Buah Cocok Dicampur Dengan Susu

Tidak Semua Buah Cocok Dicampur Dengan Susu

Mungkin sebagai variasi atau untuk menghindari kebosanan, beberapa orang suka mencampurkan jus buah dengan susu. Namun, tidak semua buah cocok untuk dicampur dengan susu, dan salah satunya adalah buah nanas. 

Nanas mengandung bromelain, suatu zat yang umumnya digunakan untuk meredakan dan mengatasi peradangan atau inflamasi. Di sisi lain, susu memiliki sifat yang tidak cocok atau bertentangan dengan kandungan tersebut. 

Beberapa buah lain yang sebaiknya tidak dicampurkan dengan susu antara lain nangka, pisang, dan jeruk.

10. Gunakan Air Putih Kangen Water Agar Jus Lebih Sehat dan Lezat

Gunakan Air Putih Kangen Water Agar Jus Lebih Sehat dan Lezat

Saat membuat jus atau smoothies, pasti kamu memerlukan air putih, bukan? Coba gunakan Kangen Water saat menyajikan jus dan smoothies. 

Selain memiliki sifat alkali, air Kangen Water dapat memastikan peleburan yang baik dalam jus karena ukuran molekul air yang lebih kecil. 

Keberadaan ekstra antioksidan dalam air ini juga akan membuat jus dan smoothies lebih lezat dan memberikan manfaat kesehatan tambahan.

Jika kamu memiliki pertanyaan tentang Kangen Water atau berencana untuk membeli mesin Kangen Water yang asli, jangan ragu untuk menghubungi kami. Kami siap membantu! 

Lihat produk mesin Kangen Water asli kami dengan mengklik tautan Produk. 

Kami menerima pemesanan mesin Kangen Water untuk seluruh kota di Indonesia, termasuk Jakarta dan kota-kota lainnya dari Aceh hingga Papua.

Mesin Kangen Water dapat diperoleh melalui distributor resmi Kangen Water. Periksa situs web resmi Kangen Water untuk informasi lebih lanjut.

Setelah mengetahui cara sehat dalam pembuatan jus buah yang tepat, pertimbangkanlah jenis jus apa yang ingin kamu nikmati hari ini. Tidak lupa, kamu bisa gunakan air Kangen Water dalam membuat jus sehingga jus buahmu tidak hanya segar, tapi juga lebih sehat.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top