Cara Agar Sehat Jasmani dan Rohani Dalam Islam

Cara Agar Sehat Jasmani dan Rohani

Kamu sudah tahu cara agar sehat jasmani dan rohani dalam Islam? Menyelaraskan kehidupan jasmani dan rohani ini dalam ajaran Islam telah mengaturnya dengan baik loh, bahkan Islam memberikan perhatian yang sangat besar terhadap kesehatan.

Dalam pandangan Islam, kesehatan merupakan sebagai suatu yang penting karena mendukung pelaksanaan segala aktivitas, khususnya ibadah kepada Allah SWT.

Secara umum, datangnya agama Islam bertujuan untuk menjaga keberlangsungan agama, akal, jiwa, tubuh, keturunan, dan juga harta benda. Oleh karena itu, menjalani gaya hidup seimbang secara jasmani maupun rohani menjadi suatu hal yang sangat penting. Maka dari itu, kamu perlu tahu cara agar sehat jasmani dan rohani ini.

Simak yuk lebih lanjut pembahasannya di bawah ini!

Mesin Kangen Water

Cara Agar Sehat Jasmani Dalam Islam

Cara agar sehat jasmani dan rohani, keduanya perlu kamu perhatikan. Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa kesehatan fisik ini bisa mencakup kondisi tubuh yang sehat, kuat, dan bugar. Nah, keberlanjutan kesehatan jasmani ini sangat penting dalam mendukung kesehatan rohani dan kualitas ibadah. Maka dari itu, dalam agama Islam, terdapat berbagai cara yang dapat kamu terapkan untuk menjaga kesehatan jasmani tersebut, meliputi:

1. Menjaga Kebersihan

cara menjaga kesehatan jasmani dan rohani menurut islam

Kebersihan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari iman. Ajaran Islam mengajarkan kepada umatnya untuk selalu menjauhi najis dan hadas, membersihkan segala anggota tubuh, pakaian, makanan, minuman, tempat tinggal, serta lingkungan sekitar. Kebersihan memiliki peran penting dalam mencegah berbagai penyakit dan menjaga kenyamanan hidup.

2. Menerapkan Pola Makan yang Sehat

bagaimana cara menjaga kesehatan rohani

Ajaran Islam mengatur mengenai makanan dan minuman yang halal dan haram.

Di samping itu, Islam memberikan petunjuk kepada umatnya untuk makan dengan kadar lapar dan berhenti sebelum mencapai kenyang, serta menghindari konsumsi makanan yang berlebihan atau dapat merugikan kesehatan.

Makanan sehat menurut Islam adalah makanan yang halal, baik, bermanfaat, dan sesuai dengan kebutuhan tubuh.

Baca Juga: 7 Cara Sehat Ala Rasulullah Terbukti Khasiatnya Mudah Semua

3. Berolahraga Secara Teratur

contoh sehat jasmani dan rohani

Dalam ajaran Islam, tubuh dianggap sebagai amanah dari Allah SWT yang wajib dijaga dan dimanfaatkan untuk kebaikan. Salah satu cara menjaga kesehatan tubuh adalah melalui kegiatan berolahraga secara teratur.

Dengan begitu, dapat melatih kekuatan, daya tahan, keseimbangan, dan koordinasi tubuh. Selain itu, olahraga juga memiliki manfaat positif dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sirkulasi darah, metabolisme, serta kesehatan organ-organ tubuh.

4. Hindari Stres

cara menjaga kesehatan jasmani

Ketegangan pikiran menjadi kondisi mental yang merugikan yang dapat berdampak pada kesehatan fisik seseorang. Ketegangan pikiran dapat mengakibatkan gangguan tidur, nafsu makan, tekanan darah, hormon, sistem saraf, pencernaan, dan sistem kekebalan tubuh.

Untuk menghindari ketegangan, ajaran Islam mendorong umatnya untuk berserah diri kepada Allah SWT, bersabar dalam menghadapi ujian, bersyukur atas segala nikmat-Nya, berdoa dan berdzikir kepada Allah SWT, serta menjalin hubungan dengan orang-orang yang baik.

5. Hindari Zat-Zat Berbahaya

manfaat menjaga kesehatan jasmani dan rohani

Bahan-bahan berbahaya merujuk kepada zat-zat yang memiliki potensi merusak kesehatan secara jasmani dan rohani. Contohnya meliputi alkohol, narkoba, rokok, obat-obatan terlarang, serta makanan atau minuman yang mengandung racun atau bahan kimia berbahaya.

Ajaran Islam melarang umatnya untuk mengonsumsi bahan-bahan berbahaya tersebut karena dapat menimbulkan kerugian baik bagi diri sendiri maupun orang lain.

6. Menerapkan Pola Tidur yang Benar

manfaat menjaga kesehatan rohani

Istirahat dengan cara tidur merupakan kegiatan yang bertujuan untuk menyegarkan tubuh agar dapat menghadapi hari berikutnya dengan lebih banyak energi dan produktivitas.

Tingkat istirahat yang memadai tidak hanya menjaga kesehatan tubuh, tetapi juga mencegah timbulnya penyakit, karena sering kali penyakit penyebabnya oleh kurangnya perhatian terhadap istirahat.

Rasulullah adalah contoh teladan yang sangat baik dalam kehidupan kita, memberikan contoh perilaku yang baik kepada umatnya. Salah satu hal yang dapat kita pelajari adalah pola tidur Rasulullah, seperti penjelasan dari dr. Zaidul Akbar, di mana pola tidur Rasulullah dapat memulihkan energi manusia untuk aktivitas sehari-hari.

Kekurangan tidur dapat berpotensi menyebabkan berbagai penyakit, dari yang ringan hingga yang serius. Bahkan, dr. Zaidul Akbar menyatakan bahwa kurang tidur dapat menjadi faktor risiko terjadinya kanker. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk meniru pola tidur yang serupa dengan Rasulullah.

Menurut dr. Zaidul Akbar, tidur setelah Isya adalah fase tidur yang paling bermanfaat, dan Rasulullah biasanya bangun di pertengahan malam untuk melaksanakan Salat Subuh.

Ia juga menekankan bahwa mengikuti pola tidur Rasulullah akan membawa manfaat yang mungkin belum pernah terpikirkan sebelumnya.

7. Minum untuk Kesehatan Tubuh

manfaat menjaga kesehatan rohani

Air putih umumnya hanya sebagai sarana untuk menghilangkan rasa haus, padahal selain berfungsi sebagai penyejuk, air putih juga memiliki peran penting dalam menjaga dan menstabilkan kesehatan tubuh serta memiliki kemampuan untuk menyembuhkan berbagai penyakit.

Ternyata, penyakit oleh gangguan metabolisme dapat teratasi dengan meningkatkan konsumsi air putih. Dengan metabolisme yang optimal, zat-zat makanan dapat diolah secara efisien, memberikan asupan gizi yang diperlukan oleh tubuh.

Meskipun metabolisme manusia cenderung melambat setelah mencapai usia 40 tahun, masih ada cara untuk meningkatkan metabolisme tubuh, salah satunya adalah dengan meningkatkan asupan air putih.

Selain air putih, Kangen Water juga bisa sebagai alternatif yang lebih sehat. Kangen Water diklaim mengandung sifat alkali, kaya akan antioksidan, dan diyakini dapat membantu membersihkan racun-racun dari tubuh. Banyak orang mulai kebiasaan rutin minum Kangen Water.

MKW Leveluk SD 501

Manfaat dan potensi luar biasa dari air putih telah diakui dalam al-Qur’an, yang menyebutkan bahwa air adalah sumber kehidupan dan tanpa air, sistem kehidupan dunia akan terhenti.

Rasulullah SAW menegaskan bahwa manusia boleh tidak makan, tetapi jangan tidak minum, karena hal tersebut dapat berujung pada kematian. Meskipun seseorang dapat bertahan hidup tanpa makan selama tiga puluh hari, kekurangan air dapat menyebabkan kematian.

Oleh karena itu, Rasulullah SAW selalu menganjurkan umatnya untuk tetap melakukan sahur dan segera berbuka, bahkan hanya dengan minum air putih.

Cara Agar Sehat Rohani Dalam Islam

Kesehatan rohani merupakan keadaan jiwa yang sehat, tenteram, penuh kebahagiaan, dan damai. Keberlanjutan kesehatan rohani memiliki peran penting dalam mendukung kesehatan jasmani dan mutu pelaksanaan ibadah. Dalam ajaran Islam, terdapat berbagai cara yang dapat kamu ambil untuk menjaga kesehatan rohani, antara lain:

1. Membentengi Diri Dengan Iman

Cara Agar Sehat Jasmani dan Rohani

Iman merupakan keyakinan yang kokoh terhadap Allah SWT dan seluruh ajarannya. Iman menjadi sumber kekuatan, motivasi, dan inspirasi bagi seorang Muslim.

Dengan keberadaan iman, seseorang mampu menghadapi setiap tantangan dan rintangan dalam hidup dengan sikap optimis, kesabaran, dan ikhlas. Iman juga berfungsi sebagai perlindungan dari godaan setan, hawa nafsu, serta perbuatan jahat.

2. Menjaga Ibadah

Cara Agar Sehat Jasmani dan Rohani

Ibadah mencakup segala bentuk ketaatan dan pengabdian kepada Allah SWT. Ibadah merupakan sarana bagi seseorang untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, memohon rahmat dan ampunan-Nya, serta berharap akan ridha dan surga-Nya.

Melalui ibadah, seseorang juga dapat membersihkan jiwa dari dosa-dosa, menghapus kesedihan dan kegelisahan, serta menambah kebahagiaan dan ketenangan.

Mendekatkan diri kepada Allah SWT dapat kamu lakukan dengan menjaga Ibadah Shalat, baik yang wajib maupun yang sunah, puasa, zakat, dan sebagainya. Selain itu, menjauhi larangan-larangan Allah juga merupakan bagian penting dalam mendekatkan diri kepada-Nya. Dengan memperhatikan ibadah, terutama shalat, jiwa kita akan menjadi lebih tenang.

Baca Juga: 5 Cara Sehat Agar Gemuk Dengan Cepat, untuk Pria Wanita yang Aman

3. Menjaga Silaturahim

Cara Agar Sehat Jasmani dan Rohani

Umat muslim sebaiknya menjaga silaturahim dengan terus menjaga hubungan yang baik antar sesama manusia, terutama di antara sesama muslim. Ajaran Islam mendorong umatnya untuk saling mencintai, menyayangi, memberikan bantuan, memberikan nasihat, dan memaafkan sesama muslim.

Selain itu, Islam juga mengajarkan umatnya untuk berlaku baik terhadap orang-orang non-Muslim tanpa menunjukkan permusuhan. Dengan menjaga silaturahim, seseorang dapat merasakan kehangatan kasih sayang, persaudaraan, kebersamaan, dan kedamaian.

4. Menghindari Kebiasaan Buruk

Cara Agar Sehat Jasmani dan Rohani

Kebiasaan buruk dapat membahayakan kesehatan, baik secara rohani maupun jasmani. Beberapa contoh kebiasaan buruk meliputi berbohong, ghibah, fitnah, iri hati, dengki, sombong, marah, bakhil, malas, lupa, dan sebagainya.

Ajaran Islam melarang umatnya untuk melakukan kebiasaan buruk tersebut karena dapat menyebabkan seseorang menjauh dari Allah SWT, berakibat pada terjadinya dosa, serta memunculkan konflik dan perselisihan.

5. Mengisi Waktu Dengan Hal-Hal yang Bermanfaat

Mengisi Waktu Dengan Hal-Hal yang Bermanfaat

Waktu menjadi anugerah yang sangat berharga yang diberikan oleh Allah SWT kepada manusia. Waktu adalah kesempatan yang harus dimanfaatkan sebaik mungkin untuk melakukan ibadah dan amal sholeh.

Ajaran Islam mengarahkan umatnya untuk mengisi waktu dengan kegiatan yang memberikan manfaat, baik bagi diri sendiri maupun orang lain. Kegiatan-kegiatan bermanfaat tersebut meliputi belajar ilmu pengetahuan, bekerja atau berdagang secara halal, berdakwah atau menyebarkan kebaikan, berinfaq atau bersedekah kepada yang membutuhkan, serta bersenang-senang atau berhibur secara sesuai dengan tuntunan syariat Islam.

6. Banyak Bersyukur

Banyak Bersyukur

Banyak bersyukur atas kebesaran Allah dan memohon ampun atas kekurangan serta kesalahan kita adalah suatu tindakan yang penting. Sekilas, bersyukur mungkin terlihat sederhana, tetapi nyatanya, tindakan yang tampak mudah tersebut membawa banyak manfaat bagi kita. Tidak semua orang menyadari betapa berlimpahnya manfaat yang diperoleh ketika kita secara rutin bersyukur kepada Allah SWT.

Meskipun terkadang sulit dipercaya, namun ketika kita sering bersyukur, kehidupan kita terasa lebih diberkahi. Hal ini dapat dikenali melalui kecukupan yang selalu kita rasakan, tanpa pernah merasa kekurangan.

Berbagai kebaikan pun datang kepada kita, bahkan dari arah yang tak terduga sebelumnya. Ketika kita mengalami kekurangan, selalu ada jalan keluar. Bahkan lebih menakjubkan, meskipun hidup kita sederhana, kita masih dapat berbagi kebahagiaan dengan orang lain. Suatu paradoks yang unik!

Banyak orang fokus pada menjaga kesehatan jasmani, namun seringkali melupakan perlunya melindungi kesehatan rohani/jiwa. Padahal, penyakit jiwa seperti sombong, iri hati, dan dengki juga dapat sangat merugikan, bukan hanya bagi diri sendiri, tetapi juga bagi orang lain.

Jadi, bersyukur itu bisa menjadi cara agar sehat jasmani dan rohani. Sehingga, beruntunglah mereka yang bisa bersyukur, karena dengan bersyukur, risiko terkena penyakit jiwa dapat berkurang. Mengapa demikian? Karena mereka selalu merasa hidup mereka sudah cukup dan tidak kekurangan. Dengan kecukupan ini, mengapa perlu iri dan dengki terhadap apa yang dimiliki orang lain?

Itulah berbagai cara agar sehat jasmani dan rohani dalam Islam yang bisa kamu terapkan. Tidak lupa, sebagai alternatif konsumsi air yang lebih sehat, pertimbangkanlah untuk mencoba Kangen Water. Kangen Water, yang diklaim memiliki sifat alkali dan kaya akan antioksidan, dapat menjadi pilihan yang mendukung upaya kita dalam menjaga kesehatan baik jasmani atau rohani.

Mesin Kangen Water dapat diperoleh melalui distributor resmi Kangen Water. Periksa situs web resmi Kangen Water untuk informasi lebih lanjut.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top