Bagaimana Cara Sehat dan Bugar? Ini Lho 12 Cara yang Tepat agar Selalu Fit!

Bagaimana cara sehat dan bugar

Bagaimana cara sehat dan bugar? Pertanyaan semacam ini kerap muncul di telinga. Tapi, memang wajar sih, soalnya menjaga kesehatan tubuh sering kali orang kaitkan dengan faktor-faktor seperti usia, kebutuhan individu, tingkat kesibukan, dan kemampuan fisik. 

Padahal, kesehatan merupakan hal yang banyak orang idamkan, dan untuk mencapainya, kamu butuh konsistensi dalam upaya menjaganya.

Memelihara kesehatan tubuh tidaklah terlalu rumit, yang terpenting adalah konsistensi dan pembentukan kebiasaan positif. Dengan menerapkan gaya hidup sehat, seseorang tidak hanya bisa menghindari penyakit-penyakit yang berpotensi muncul, tetapi juga meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan.

Saat menjaga kesehatan tubuh, tidak perlu mengeluarkan biaya besar. Hal ini jauh lebih bijaksana daripada kamu harus mengeluarkan biaya pengobatan mahal ketika terkena penyakit. Lantas, bagaimana cara sehat dan bugar? Simak selengkap pada pembahasan kali ini!

Cara Sehat dan Bugar yang Perlu Dilakukan

Bagi kamu yang ingin memulai menjalani pola hidup sehat, berikut adalah beberapa tips tentang bagaimana cara sehat dan bugar serta energik dan juga terhindar dari penyakit-penyakit yang beragam.

1. Kurangi Konsumsi Garam dan Gula

Bagaimana cara sehat dan bugar

Mengonsumsi natrium melebihi batas dapat meningkatkan risiko tekanan darah tinggi, yang kemudian dapat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung dan stroke. 

Sebagian besar natrium sumbernya dari konsumsi garam. Untuk mengurangi risiko tersebut, kamu bisa untuk mengurangi asupan garam menjadi 5g per hari atau sekitar satu sendok teh.

Di sisi lain, mengonsumsi gula dalam jumlah berlebihan dapat meningkatkan risiko kerusakan gigi dan peningkatan berat badan yang tidak sehat. 

Baik pada orang dewasa maupun anak-anak, alangkah baiknya untuk mengurangi konsumsi gula hingga kurang dari 10 persen dari total asupan energi harian. Ini setara 12 sendok teh bagi orang dewasa atau sekitar 50g.

2. Makan Makanan yang Sehat

Bagaimana cara sehat dan bugar

Bagaimana cara sehat dan bugar lainnya? Sabar, ya, salah satu cara untuk menjaga kesehatan tubuh berikutnya adalah dengan mengonsumsi makanan yang sehat. 

Mengonsumsi berbagai macam makanan, termasuk buah, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian, sangat penting. Untuk orang dewasa agar mengonsumsi setidaknya lima porsi (400g) buah dan sayuran setiap hari.

Kamu bisa meningkatkan asupan buah dan sayuran semisal dengan coba menambahkan sayuran ke dalam menu makanan sehari-hari kamu. 

Dengan pola makan yang sehat, kamu dapat mengurangi risiko kekurangan gizi dan penyakit tidak menular seperti diabetes, penyakit jantung, stroke, dan kanker.

3. Kurangi Asupan Lemak Berbahaya

Bagaimana cara sehat dan bugar

Konsumsi lemak sebaiknya tidak melebihi 30 persen dari total asupan energi harian. Hal ini penting untuk mencegah peningkatan berat badan yang tidak sehat. 

Terdapat berbagai jenis lemak, namun lemak tak jenuh lebih disarankan daripada lemak jenuh dan lemak trans.

Lemak tak jenuh biasanya ada dalam makanan seperti ikan, alpukat, kacang-kacangan, serta minyak bunga matahari, kedelai, dan zaitun. 

Sementara itu, lemak jenuh umumnya terdapat dalam daging berlemak, mentega, minyak kelapa sawit, dan kelapa. 

Sedangkan lemak trans biasanya terdapat dalam makanan yang dipanggang atau digoreng, seperti pizza beku, kue kering, biskuit, serta minyak goreng dan margarin.

4. Makan Perlahan

Menurut hasil penelitian, seseorang yang makan dengan cepat cenderung memiliki risiko kelebihan berat badan lebih tinggi daripada dengan mereka yang makan dengan lambat. 

Dalam sebuah studi, juga menyebutkan bahwa wanita paruh baya memiliki risiko sebanyak 115 persen lebih tinggi.

Ketika seseorang makan, tubuhnya melepaskan ‘hormon kenyang’ yang mengirimkan sinyal kepada otak bahwa sudah waktunya berhenti makan. 

Namun, proses ini membutuhkan waktu sekitar 20 menit. Orang yang makan dengan cepat mungkin mengonsumsi terlalu banyak makanan sebelum menerima sinyal kenyang tersebut.

5. Berolahraga (minimal) 3 Kali Seminggu

Salah satu cara untuk menjaga kesehatan tubuh adalah dengan melakukan olahraga secara teratur. Menurut Active Health, orang dewasa supaya untuk melakukan setidaknya 150 menit aktivitas fisik sedang hingga berat setiap minggu. 

Memenuhi target ini sebenarnya tidaklah sulit. Kamu bisa mencoba meningkatkan aktivitas yang sudah biasa kamu lakukan atau memilih aktivitas baru yang kamu nikmati.

Kamu bisa memulainya dengan perubahan kecil, misalnya, jika biasanya kamu berjalan bersama anjing kamu, coba gantikan dengan jogging. 

Jika kamu sudah rutin berlari dua kali seminggu, tambahkan satu hari lagi untuk menjelajahi rute baru dengan kecepatan yang santai dan menyenangkan.

Baca Juga: 20 Tips Sehat Alami yang Sudah Terbukti secara Ilmiah

6. Tutup Mulut Saat Batuk atau Bersin

Penyakit seperti influenza, pneumonia, dan TBC dapat menyebar melalui udara. Ketika seseorang yang terinfeksi batuk atau bersin, agen penyakit dapat ditularkan kepada orang lain melalui droplet udara. 

Ketika kamu merasakan ingin batuk atau bersin, pastikan kamu menutup mulut kamu dengan masker wajah atau menggunakan tisu dan membuangnya dengan hati-hati.

Jika kamu tidak memiliki tisu saat batuk atau bersin, cobalah untuk menutup mulut kamu sebanyak mungkin dengan lipatan atau bagian dalam siku kamu. 

Tindakan ini penting untuk mencegah penyebaran penyakit yang mudah menular melalui udara dan menghentikan penyebarannya secara luas.

7. Jangan Merokok

Merokok tembakau dapat menyebabkan berbagai penyakit paru-paru, penyakit jantung, dan stroke. Bahkan, tembakau dapat menyebabkan kematian tidak hanya bagi perokok aktif, tetapi juga bagi mereka yang terpapar secara tidak langsung melalui asap tangan kedua.

Bagi yang saat ini masih merokok, tidak terlambat untuk berhenti. Setelah kamu berhenti merokok, kamu akan langsung dan secara bertahap merasakan manfaat kesehatan. 

Bagi yang belum mulai merokok, itu merupakan keputusan yang baik. Jangan mulai merokok dan perjuangkan hak kamu untuk menghirup udara tanpa asap rokok.

8. Periksa Tekanan Darah Secara Teratur

Hipertensi, atau tekanan darah tinggi, seringkali disebut sebagai “pembunuh diam-diam” karena banyak orang yang menderita kondisi ini mungkin tidak menyadari keberadaannya karena kurangnya gejala yang terlihat. 

Jika tidak ditangani, hipertensi dapat menyebabkan berbagai penyakit serius, termasuk penyakit jantung, stroke, gangguan ginjal, dan masalah kesehatan lainnya.

Pastikan untuk secara teratur memeriksakan tekanan darah kamu dengan bantuan tenaga kesehatan sehingga kamu dapat mengetahui kondisi kesehatan kamu secara pasti. 

Jika tekanan darah kamu tinggi, dapatkan saran dan pengobatan yang sesuai dari tenaga kesehatan. Langkah ini sangat penting dalam pencegahan dan pengendalian hipertensi.

9. Tidur Kurang Lebih Antara 6 sampai 8 Jam Setiap Hari

Durasi tidur optimal bagi orang dewasa adalah antara 6 hingga 8 jam setiap malam, seperti yang disarankan untuk menjaga kesehatan yang baik. 

Menurut sebuah penelitian tentang durasi dan risiko kematian akibat kurang tidur, mereka yang tidur kurang dari 7 jam setiap malam memiliki risiko kematian 12 persen lebih tinggi.

Namun, perlu kamu ingat untuk tidak tidur berlebihan, karena penelitian juga menunjukkan bahwa tidur lebih dari 8 hingga 9 jam per hari dapat meningkatkan risiko kematian dini hingga 30 persen. 

Oleh karena itu, penting untuk tidur sesuai kebutuhan, yakni 6 hingga 8 jam, dan bangun ketika alarm berbunyi untuk menjaga pola tidur yang sehat.

10. Mencegah Gigitan Nyamuk

Nyamuk merupakan salah satu hewan yang paling berbahaya di dunia karena mampu menyebarkan penyakit seperti demam berdarah, chikungunya, malaria, dan filariasis limfatik. 

Kamu dapat mengambil tindakan sederhana untuk melindungi diri sendiri dan orang-orang terdekat dari penyakit yang dibawa oleh nyamuk.

Ketika kamu bepergian ke daerah yang dikenal memiliki penyakit yang ditularkan oleh nyamuk, sebaiknya untuk berkonsultasi dengan dokter guna mendapatkan vaksin yang dapat mencegah penyakit tersebut. 

Selain itu, kenakan pakaian berlengan panjang dan berwarna terang, serta gunakan obat anti-nyamuk. Di rumah, pastikan untuk menggunakan tirai pada jendela dan pintu, pasang kelambu, dan rutin membersihkan lingkungan kamu setiap minggu untuk menghilangkan tempat berkembang biaknya nyamuk.

11. Tersenyum dan Tertawalah Lebih Banyak

Cara ini merupakan salah satu langkah sederhana namun berdampak kuat yang dapat dengan mudah kamu lakukan untuk meningkatkan kesehatan mental kamu. Saat kita tertawa, kita menghirup udara lebih dalam, merangsang jantung, paru-paru, dan otot kita.

Tertawa juga meningkatkan pelepasan endorfin oleh otak, yang berdampak positif pada fisiologi tubuh dan suasana hati kita, secara otomatis membawa kita ke dalam keadaan yang lebih baik dan lebih bahagia. 

Jadi, senyumlah sering dan usahakan untuk menyisipkan lebih banyak tawa dalam keseharian kamu.

12. Minum Lebih Banyak Air

Salah satu cara untuk menjaga kesehatan tubuh adalah dengan meningkatkan konsumsi air. Meskipun banyak yang telah mendengar anjuran untuk minum delapan gelas air sehari, namun tidak semua orang benar-benar mengikutinya. Sebaliknya, mereka cenderung menghitung total cairan yang mereka konsumsi, termasuk soda, kopi, dan minuman lainnya.

Tubuh kita itu, tidak hanya terdiri dari minuman bersoda dan manis aja, lho! Sebagian besar tubuh manusia, sekitar 60 persen, terdiri dari air. Konsumsi air yang cukup memiliki banyak manfaat, termasuk membantu mengontrol asupan kalori, memberikan energi pada otot, menjaga kesehatan ginjal, dan menjaga kulit tetap terhidrasi. 

Oleh karena itu, sebaiknya kamu coba untuk mempertimbangkan untuk mengonsumsi air mineral seperti Kangen Water, yang telah terbukti memberikan manfaat kesehatan yang besar bagi tubuh. Konsultasikan soal Kangen Water dan pemesanan bisa klik link di bawah ini, ya!

Mesin Kangen Water dapat diperoleh melalui distributor resmi Kangen Water. Periksa situs web resmi Kangen Water untuk informasi lebih lanjut.

Demikianlah beberapa tips tentang bagaimana cara sehat dan bugar, terutama bagi mereka yang telah memasuki usia 40-an. Dengan mengikuti saran-saran ini, kamu dapat meningkatkan kualitas hidup kamu secara optimal.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top