13 Cara Diet Sehat Alami Cepat Menurunkan Berat Badan, Nomor 4 Wajib Dilakukan

Cara Diet Sehat Alami Cepat Menurunkan Berat Badan

Memiliki tubuh yang sehat dan bugar dengan berat yang ideal adalah keinginan banyak orang. Tidak hanya mencerminkan kondisi kesehatan yang baik tetapi juga dapat membantu mencegah berbagai penyakit. Sayangnya, banyak orang mencari cara instan untuk menurunkan berat badan tanpa mempertimbangkan konsekuensinya. Padahal ada loh cara diet sehat alami cepat menurunkan berat badan.

Perlu kamu ketahui bahwa fluktuasi berat badan seseorang bergantung pada seimbangnya asupan kalori dengan jumlah kalori yang terbakar melalui aktivitas fisik. Konsumsi kalori yang berlebihan tanpa diimbangi dengan olahraga atau aktivitas fisik rutin dapat menyebabkan peningkatan berat badan karena tubuh akan menyimpan kelebihan kalori sebagai lemak.

Cara Diet Sehat Secara Alami dengan Cepat yang Ampuh Menurunkan Berat Badan

Oleh karena itu, untuk mencapai penurunan berat badan, penting bagi asupan kalori yang masuk ke tubuh untuk kamu kurangi. Selain itu, meningkatkan durasi aktivitas fisik juga kamu perlukan agar tubuh dapat membakar lemak dan mengubahnya menjadi energi.

Sebenarnya, terdapat beragam cara diet sehat alami cepat menurunkan berat badan yang dapat dicoba, seperti:

1. Makan Dengan Pelan

cara diet sehat alami cepat menurunkan berat bada

Cobalah untuk menghindari konsumsi makanan dengan cepat karena hal tersebut dapat mengakibatkan penyerapan kalori yang lebih tinggi oleh tubuh. Selain itu, kebiasaan ini juga dapat mengganggu persepsi tubuh terhadap sensasi kenyang. 

Oleh karena itu, solusinya adalah mengonsumsi makanan dengan lebih lambat agar tubuh dapat merespons sinyal kenyang dengan baik. Dengan demikian, konsumsi makanan dapat kamu kendalikan dengan lebih baik.

2. Coba Konsumsi Probiotik

cara diet sehat alami cepat menurunkan berat bada

Makanan yang mengandung probiotik berperan dalam menjaga keseimbangan bakteri baik di dalam usus. Nutrisi ini berfungsi dengan merangsang pertumbuhan dan aktivitas bakteri sehat, sehingga dapat membantu mengontrol berat badan.

Penelitian yang termuat dalam jurnal Gut Microbes menyatakan bahwa probiotik berperan dalam memecah serat yang tidak dapat tubuh serap dan cerna dengan meningkatkan jumlah bakteri baik di dalam usus.

3. Melakukan Intermittent Fasting

cara diet sehat alami cepat menurunkan berat bada

Salah satu cara diet sehat alami cepat menurunkan berat badan adalah intermittent fasting, yang juga biasa orang kenal dengan nama puasa intermittent. Metode ini dapat kamu lakukan dengan puasa selama 16 jam dan mengonsumsi makanan dalam jendela waktu 8 jam setiap harinya.

Dengan melakukan intermittent fasting secara konsisten selama 24 minggu, dapat mencegah peningkatan berat badan oleh konsumsi kalori berlebihan.

4. Tahan Makan Ketika Stres

Mengonsumsi makanan saat sedang stres atau terlibat dalam emotional eating dapat menghambat upaya penurunan berat badan. 

Sebaliknya, daripada bergantung pada makanan sebagai cara untuk mengatasi stres atau tekanan, kamu bisa untuk mencoba alternatif seperti meditasi atau metode hipnosis. 

Selain itu, aktivitas seperti yoga, berjalan-jalan, atau mendengarkan musik juga dapat menjadi pilihan yang baik.

5. Makan Secukupnya Aja

Mengatur porsi makan menjadi salah satu strategi lain untuk menurunkan berat badan. Ini berarti menghindari konsumsi makanan berlebihan hingga merasa terlalu kenyang.

Hal ini penting karena makan berlebihan dapat menyebabkan tubuh memiliki kelebihan energi. Sebaiknya, konsumsi makanan dalam porsi yang lebih kecil namun kaya nutrisi, dan lakukan secara lebih sering.

6. Coba Minum Teh Hijau

Teh hijau merupakan salah satu minuman sehat yang sering orang pilih untuk membantu dalam program penurunan berat badan. Minuman ini kaya akan antioksidan yang dapat meningkatkan proses pembakaran lemak. 

Untuk hasil yang lebih optimal, kamu bisa memilih teh hijau dalam bentuk bubuk atau seduhan alami tanpa tambahan bahan lain dan tanpa gula.

7. Sarapan Setiap Hari

Langkah lain dalam menurunkan berat badan adalah tidak melewatkan sarapan dan memilih makanan yang memiliki kandungan gizi seimbang untuk meningkatkan energi.

Penelitian yang terbit dalam jurnal BMJ menyatakan bahwa konsumsi protein sebanyak 30 hingga 39 gram di pagi hari bisa sebagai porsi ideal untuk sarapan.

Baca Juga: 9 Cara Diet Sehat dan Cepat Dalam 1 Minggu, Ampuh dan Aman Loh!

8. Tidur dengan Cukup

Kenyataannya, kurang tidur dapat memperlambat proses konversi kalori menjadi energi, yang biasa kita kenal sebagai metabolisme. Ketika metabolisme tidak optimal, tubuh cenderung menyimpan energi yang tidak terpakai sebagai lemak.

Selain itu, durasi tidur juga berpengaruh pada regulasi hormon leptin dan ghrelin, yang keduanya mengatur nafsu makan. Jika waktu tidur tidak mencukupi, kadar kedua hormon ini dapat meningkat, yang dapat menyebabkan peningkatan berat badan.

9. Jangan Malas Olahraga

Berolahraga secara teratur adalah salah satu metode alami dan efektif untuk menurunkan berat badan dengan cepat. Selain itu, kegiatan ini dapat kamu lakukan dengan biaya yang terjangkau dan dapat kamu lakukan kapan saja. 

Mulailah dengan melakukan aktivitas fisik dalam intensitas ringan hingga sedang, seperti berjalan cepat selama 30 menit, bersepeda, atau berenang.

10. Asupan Serat di Perbanyak

Mengonsumsi makanan yang kaya serat dapat meningkatkan sensasi kenyang, sehingga membantu mengurangi kecenderungan untuk makan berlebihan. Ini merupakan salah satu strategi efektif dalam menurunkan berat badan secara cepat. Kamu bisa memilih makanan yang mengandung tinggi serat seperti buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

11. Kurangi Gula dan Karbohidrat Olahan

Selanjutnya adalah bisa dengan mengurangi konsumsi karbohidrat olahan dan gula. Hal ini dikarenakan karbohidrat olahan cenderung rendah serat dan nutrisi esensial lainnya.

Karbohidrat olahan juga bisa tubuh cerna dengan cepat dan tubuh ubah menjadi glukosa dengan mudah, menyebabkan terjadinya rasa lapar lebih cepat.

Ketika terlalu banyak glukosa masuk ke dalam aliran darah, hal ini dapat meningkatkan kadar hormon insulin. Hal ini kemudian menyebabkan penimbunan lemak berlebih di jaringan adiposa yang berkontribusi pada peningkatan berat badan.

12. Mengonsumsi Protein saat Sarapan

cara diet sehat alami cepat menurunkan berat bada

Langkah selanjutnya dalam penurunan berat badan adalah penelitian yang termuat dalam jurnal BMJ Journals menjelaskan bahwa protein berperan dalam mengatur hormon nafsu makan.

Konsumsi protein dapat memperpanjang rasa kenyang karena meningkatkan hormon pemicu kenyang seperti kolesistokinin, peptida YY, dan GLP-1.

Mengetahui berbagai pilihan makanan tinggi protein yang baik bagi kesehatan dapat menjadi opsi menu sarapan yang efektif dan bernutrisi.

13. Cairan Tubuh Wajib Dipenuhi

cara diet sehat alami cepat menurunkan berat bada

Tubuh manusia memiliki komposisi sebesar 60 persen air yang sangat penting untuk menjaga fungsi organ dan jaringan tubuh.

Ketika tubuh terhidrasi dengan baik, kinerja tubuh akan meningkat sehingga proses pembakaran lemak menjadi lebih optimal.

Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Obesity (Silver Spring) menunjukkan bahwa wanita yang mengalami obesitas dan mengonsumsi lebih dari satu liter air per hari selama 12 bulan berhasil menurunkan berat badan sebanyak lebih dari dua kilogram.

Selain itu, bagi mereka yang sedang menjalani program penurunan berat badan, asupan air putih juga bermanfaat untuk menekan rasa lapar, meningkatkan metabolisme tubuh, dan mengurangi asupan kalori cair.

Mau air mineral yang lebih menyehatkan dari air biasa? Kamu bisa mencoba Kangen Water. Dipercaya mengandung air alkali yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Pembelian mesin Kangen Water yang berkualitas bisa di sini.

Mesin Kangen Water dapat diperoleh melalui distributor resmi Kangen Water. Periksa situs web resmi Kangen Water untuk informasi lebih lanjut.

Inilah beberapa cara diet sehat alami cepat menurunkan berat badan yang dapat dicoba. Jika belum berhasil, penggunaan obat penurun berat badan dapat menjadi pilihan. Namun, sebelum memutuskan untuk membelinya, penting untuk selektif dalam memilih obat penurun berat badan. Lebih baik kamu juga berkonsultasi ke dokter agar bisa mendapatkan referensi obat yang terbaik.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top