Sembilan Cara Sehatkan Mata yang Mudah, Nomor 3 Paling Sering Diabaikan

Cara Sehatkan Mata

Menjaga kesehatan mata sangatlah penting untuk mencegah berbagai masalah serius seperti glaukoma, infeksi mata, bahkan kebutaan. Ada berbagai cara sehatkan mata yang dapat kamu lakukan, mulai dari rutin memeriksakan mata ke dokter hingga menerapkan gaya hidup sehat.

Mata memegang peran penting dalam setiap aktivitas sehari-hari sebagai indra penglihatan. Meskipun kemampuannya bisa menurun seiring bertambahnya usia, tetapi kamu masih bisa melakukan upaya-upaya untuk menjaga kesehatan mata, sehingga dapat mengurangi risiko dan mencegah timbulnya berbagai penyakit mata.

Cara Sehatkan Mata yang Efektif

Kemampuan visual memiliki peranan yang sangat vital dalam kehidupan manusia. Itulah sebabnya, menjaga kesehatan mata menjadi hal yang sangat penting. Berikut cara sehatkan mata yang bisa kamu terapkan:

1. Rutin Periksakan Mata

Cara Sehatkan Mata

Semua orang, dari anak-anak hingga orang tua, sebaiknya untuk menjalani pemeriksaan mata secara teratur minimal setiap 2 tahun sekali. Bagi orang dewasa di atas usia 40 tahun, bisa melakukan pemeriksaan setiap tahun.

Tujuan dari pemeriksaan ini adalah untuk mencegah penyakit mata yang terkait dengan penuaan, seperti degenerasi makula, glaukoma, dan katarak.

Dokter dapat menggunakan pemeriksaan mata ini untuk memantau kondisi mata dan mendeteksi masalah kesehatan mata yang mungkin muncul akibat penyakit tertentu, seperti diabetes atau tekanan darah tinggi.

Jika kamu memiliki riwayat keluarga dengan masalah mata, penting untuk menjalani pemeriksaan mata secara teratur. Hal ini memungkinkan penanganan yang tepat jika ada masalah yang terdeteksi.

2. Rajin Konsumsi Makanan Bergizi

Cara Sehatkan Mata

Kalau kamu mau menyehatkan mata, kamu bisa dengan membiasakan mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi seperti vitamin E, lutein, vitamin A, vitamin C, selenium, dan asam lemak omega-3. Nutrisi-nutrisi ini dapat membantu melawan masalah mata terkait penuaan, seperti katarak dan degenerasi makula. Kamu dapat memperoleh berbagai nutrisi tersebut dengan mengonsumsi sayuran hijau, ikan, telur, kacang-kacangan, dan jeruk.

Untuk menjaga kesehatan mata, konsumsilah makanan sehat yang kaya akan nutrisi. Berikut adalah beberapa rekomendasi:

  • Sayuran Hijau: Bayam, brokoli, kale, dan lainnya mengandung vitamin C, vitamin E, zeaxanthin, dan lutein, yang melindungi mata dari radikal bebas dan cahaya biru.
  • Wortel: Kaya akan beta karoten yang menjadi vitamin A dalam tubuh, membantu penglihatan dan mencegah mata kering.
  • Telur: Kandungan pada kuning telur yakni vitamin A, zeaxanthin, dan seng, yang sangat penting bagi kesehatan mata.
  • Jeruk: Vitamin C pada jeruk membantu mengelola jaringan ikat di mata dan menyediakan vitamin A.
  • Daging Sapi dan Ayam: Mengandung seng, membantu proses vitamin A dalam tubuh dan melindungi mata dari paparan cahaya berlebih.
  • Ubi Jalar: Mengandung beta karoten dan vitamin C untuk kesehatan mata dan sistem imun.
  • Yogurt: Kaya akan vitamin A dan seng, membantu melindungi kornea mata dan meningkatkan penglihatan pada malam hari.
  • Ikan: Sumber omega-3 penting untuk perkembangan organ visual dan retina mata.
  • Kacang-kacangan: Mengandung omega-3 dan vitamin E, mencegah mata kering dan melindungi sel mata.
  • Alpokat: Mengandung lutein, mencegah katarak dan degenerasi makula, serta bermanfaat untuk kesehatan jantung.

3. Kurangi Penggunaan Gawai

Cara Sehatkan Mata

Melihat layar komputer atau smartphone terlalu lama dapat menyebabkan kelelahan mata, yang bisa kamu tandai dengan sakit kepala, nyeri di leher, bahu, dan punggung, mata kering, serta penglihatan yang kabur. 

Kalau kamu kerjanya di depan komputer, alangkah baiknya menyempatkan diri mengistirahatkan mata. Cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengalihkan pandangan cukup sekitar 20 detik saja untuk setiap 20 menitnya. Kamu juga bisa memberi istirahat pada mata selama 15 menit setiap 2 jam. 

Jika mata terasa kering, kamu dapat mengedipkan mata secara sering atau menggunakan tetes mata. Kamu juga bisa menggunakan kacamata terapi karena manfaatnya masih belum jelas.

4. Jauhkan Mata dari Paparan Sinar Ultraviolet

Selain kulit, penting juga untuk melindungi mata dari bahaya sinar ultraviolet. Paparan berlebihan terhadap sinar UV dapat meningkatkan risiko berbagai masalah mata seperti katarak, degenerasi makula, pinguecula, dan bahkan kanker mata. 

Oleh karena itu, salah satu langkah untuk menjaga kesehatan mata adalah dengan menggunakan kacamata hitam yang dapat melindungi dari sinar UVA dan UVB, atau menggunakan topi bertepi lebar saat beraktivitas di bawah sinar matahari.

Baca Juga: 13 Cara Diet Sehat Alami Cepat Menurunkan Berat Badan, Nomor 4 Wajib Dilakukan

5. Hentikan Kebiasaan Merokok

Merokok itu bisa menambah kemungkinan terkena degenerasi makula, katarak, dan merusak saraf optik. Jika sudah mengalami hal tersebut bisa membuat kebutaan baik itu pada satu atau kedua mata. Karena itu, bagi perokok aktif, sangat disarankan untuk segera berhenti merokok guna menjaga kesehatan.

6. Berhati-hatilah Ketika Bermake Up

Make up dalam bentuk cairan atau krim seringkali rentan terhadap pertumbuhan bakteri jika tidak kamu gunakan dengan kebersihan yang memadai. Oleh karena itu, penting untuk selalu menggunakan kuas yang bersih dan telah dicuci setiap kali digunakan.

Jika ada perubahan dalam warna, tekstur, atau bau, sebaiknya hindari penggunaan make up tersebut. Jangan juga berbagi alat rias dengan orang lain.

Pastikan untuk membersihkan wajah secara menyeluruh sebelum dan setelah menggunakan make up. Jika terjadi iritasi atau infeksi mata saat menggunakan make up, segera hapus riasan dan konsultasikan diri dengan dokter.

7. Kacamata Anti-UV

Salah satu tips untuk menjaga kesehatan mata adalah dengan menggunakan kacamata anti-UV. Kita semua tahu bahwa sinar UV dapat menyebabkan kerusakan serius pada mata. Penggunaan kacamata yang tepat dapat mencegah hal ini. Saat kamu hendak memilih kacamata, pastikan kacamata yang kamu pilih punya kemampuan dalam memantulkan minimal 98% radiasi UV.

8. Istirahatkan Mata

Cara Sehatkan Mata

Cara menjaga kesehatan mata ini cukup mudah, yaitu dengan istirahat. Hampir semua orang mengalami ketidaknyamanan pada mata setelah duduk di depan layar komputer sepanjang hari. 

Hal ini terjadi karena frekuensi kedipan mata menurun sekitar 25%, menyebabkan mata menjadi kering. Salah satu cara yang dapat kamu lakukan adalah dengan menutup mata dan menghitung sampai 5 sebelum membukanya kembali. 

Selain itu, kamu juga bisa mengalihkan pandangan dari layar monitor dan fokus pada objek yang berjarak jauh. Kamu bisa membiasakan melakukannya cukup beberapa menit saja di setiap 30 menit.

9. Olahraga dengan Rutin

Menurut hasil penelitian, melakukan olahraga secara teratur dapat mengurangi risiko terkena penyakit mata, bahkan dapat menurunkan risiko kehilangan penglihatan. 

Olahraga yang konsisten akan memelihara kesehatan jantung dan sistem peredaran darah, sehingga dapat mencegah tekanan darah tinggi, diabetes, dan kolesterol tinggi, yang merupakan beberapa faktor risiko penyakit mata.

Oleh karena itu, salah satu cara untuk menjaga kesehatan mata adalah dengan melakukan olahraga secara teratur, minimal 30 menit setiap hari. Dengan demikian, kesehatan tubuh, termasuk kesehatan mata, dapat tetap terjaga.

Selama menjalani olahraga tentunya, cairan tubuh menjadi berkurang. Nah, kamu sebaiknya juga imbangi dengan perbanyak minum air putih. Untuk air putih yang menyehatkan, kamu bisa memilih Kangen Water.

Memiliki Kangen Water sendiri di rumah tentunya akan jauh lebih menyehatkan. Kamu juga bisa loh sambil buka usaha air Kangen Water ini. Dengan berbagai manfaat kesehatan yang dikandungnya, akan banyak orang yang membutuhkannya juga.

Mesin Kangen Water dapat diperoleh melalui distributor resmi Kangen Water. Periksa situs web resmi Kangen Water untuk informasi lebih lanjut.

Itulah cara sehatkan mata yang bisa kamu coba. Selain itu, penting juga untuk memperhatikan berbagai masalah atau gejala yang muncul pada mata. Namun, jika keluhan pada mata tidak mereda atau terjadi gejala seperti mata terasa sakit, merah, atau mengganggu penglihatan, segera konsultasikan dengan dokter mata untuk pemeriksaan lebih lanjut. 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top