11 Cara Sehat dan Bersih yang Dapat Dilakukan untuk Mencegah Pencemaran Udara

Cara Sehat dan Bersih yang Dapat Dilakukan untuk Mencegah Pencemaran

Untuk menjaga kesehatan bersama, penting bagi kita semua untuk memperhatikan cara sehat dan bersih yang dapat dilakukan untuk mencegah pencemaran yakni terhadap pencemaran polusi udara.

Dengan pembangunan yang semakin masif di berbagai tempat dan semakin berkurangnya lahan hijau karena pertumbuhan populasi manusia yang terus meningkat, polusi udara menjadi semakin parah.

Efek buruk dari polusi udara terhadap kesehatan sistem pernapasan dan kerusakan lingkungan sangatlah besar. Tingginya kadar polutan juga dapat membahayakan sistem kardiovaskular.

Karena itu, penting bagi setiap orang untuk menyadari pentingnya menjaga lingkungan guna mengurangi polusi. Tidak sulit untuk memulainya, kita bisa memulai dengan tindakan-tindakan kecil seperti menggunakan transportasi umum sebagai alternatif untuk bepergian.

Cara Sehat dan Bersih yang Dapat Dilakukan untuk Mencegah Pencemaran Udara

Kesehatan yang baik adalah harapan semua orang. Salah satu langkah yang dapat kita ambil adalah menangani polusi udara yang merugikan bagi tubuh.

Di bawah ini, ada 11 cara sehat dan bersih yang dapat dilakukan untuk mencegah pencemaran mulai dari diri sendiri dan lingkungan sekitar. Yuk, simak lebih lanjut!

1. Hendaknya Mengurangi Penggunaan Kendaraan Bermotor

Cara Sehat dan Bersih yang Dapat Dilakukan untuk Mencegah Pencemaran

Kendaraan yang beroperasi di jalan raya adalah sumber utama oksida nitrogen. Oksida nitrogen adalah zat pencemar udara yang berdampak negatif pada kesehatan paru-paru. Dampak buruk dari polusi kendaraan bermotor yang merasakannya adalah terutama di kota-kota besar yang memiliki lalu lintas yang padat.

Sebagai alternatif menggunakan kendaraan pribadi, mulailah memanfaatkan transportasi umum. Selain itu, menghindari berkendara saat jam sibuk, membawa bekal untuk mengurangi kebutuhan akan perjalanan selama jam makan siang, dan memanfaatkan tawaran untuk naik kendaraan bersama teman-teman adalah langkah-langkah yang dapat kita ambil.

Lebih baik menghindari penggunaan mobil dengan mesin diesel, karena jenis kendaraan ini cenderung menghasilkan lebih banyak oksida nitrogen.

2. Hemat Energi

Cara Sehat dan Bersih yang Dapat Dilakukan untuk Mencegah Pencemaran

Beberapa studi telah menunjukkan bahwa pembakaran bahan bakar fosil dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Proses pembakaran fosil untuk menghasilkan energi menghasilkan berbagai polutan, seperti sulfur dioksida, nitrogen oksida, karbon dioksida, dan sejumlah polutan berbahaya lainnya. Polutan-polutan ini tidak hanya memiliki dampak negatif pada kesehatan manusia, tetapi juga pada lingkungan.

Oleh karena itu, cara sehat dan bersih yang dapat dilakukan untuk mencegah pencemaran adalah mengurangi konsumsi listrik di rumah dan tempat kerja. Ini dapat kita lakukan dengan mengatur penggunaan perangkat pendingin udara (AC) sesuai kebutuhan, mencabut steker dari stop kontak yang tidak kita gunakan, dan mematikan lampu saat siang hari.

3. Membeli Produk Daur Ulang

Cara Sehat dan Bersih yang Dapat Dilakukan untuk Mencegah Pencemaran

Ada banyak tahapan yang kita perlukan dalam proses pembuatan suatu produk, mulai dari pengambilan bahan baku, transportasi, pengolahan, hingga menjadi produk jadi yang siap kita gunakan. Tiap tahap dalam pembuatan barang ini biasanya diiringi dengan emisi, gas rumah kaca, dan polutan lainnya.

Dengan menggunakan produk daur ulang, dapat mengurangi penggunaan energi dan polusi. Oleh karena itu, lebih baik untuk mencari produk daur ulang terlebih dahulu sebelum membeli barang baru, agar kontribusi terhadap lingkungan dapat lebih baik.

4. Menggunakan Produk yang Sustainable

Cara Sehat dan Bersih yang Dapat Dilakukan untuk Mencegah Pencemaran

Menurut sebuah penelitian dalam International Journal of Science pada tahun 2017, sekitar 22 persen dari jumlah kematian dini yang penyebanya oleh polusi udara terjadi di negara-negara yang menghasilkan barang dengan harga murah. Negara-negara yang memproduksi barang murah seringkali tidak memiliki batasan emisi yang ketat, sehingga udara kotor dari aktivitas mereka juga menjadi bagian dari udara yang kita hirup.

Dengan demikian, pola konsumsi kita terhadap berbagai barang dapat berdampak pada tingkat polusi udara secara global. Oleh karena itu, sangat penting untuk mempertimbangkan dengan baik sebelum membeli barang baru demi menjaga kualitas udara yang lebih baik.

Jika memang kamu membutuhkan suatu produk baru, mencari perusahaan yang berkomitmen untuk mengurangi polusi udara bisa menjadi salah satu langkah yang baik.

5. Menanam Pohon

Cara Sehat dan Bersih yang Dapat Dilakukan untuk Mencegah Pencemaran

Menanam pohon di sekitar area rumah merupakan tindakan kecil yang dapat memiliki dampak besar dalam mengurangi polusi udara. Berdasarkan temuan dari peneliti di University of Southampton, pohon dapat menyerap sekitar 850-2.000 ton partikel berbahaya dari udara perkotaan setiap tahunnya.

Selain dari kemampuannya dalam menyerap partikel-partikel tersebut, pohon juga dapat mengurangi konsentrasi nitrogen dioksida, sulfur dioksida, karbon dioksida, monoksida, ozon, benzena, dan dioksin dalam udara.

Pohon-pohon yang kita tanam di sekitar rumah juga dapat membantu memperlambat penyebaran udara yang tercemar oleh polusi agar tidak tersebar jauh oleh angin.

Baca Juga: Sembilan Cara Sehatkan Mata yang Mudah, Nomor 3 Paling Sering Diabaikan

6. Berjalan, Bersepeda atau Memanfaatkan Transportasi Umum

Saat ini di Indonesia, khususnya di kota-kota besar, pemerintah telah memberikan banyak fasilitas dan kemudahan bagi masyarakat dalam menggunakan berbagai jenis transportasi umum. 

Menggunakan transportasi umum saat bekerja merupakan tindakan positif yang dapat membantu mengurangi tingkat polusi. Bahkan, dengan menggunakan transportasi umum hanya satu atau dua kali seminggu, kita sudah ikut serta dalam upaya mengurangi polusi dan kemacetan. 

Berjalan kaki atau menggunakan sepeda juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, selain itu kita dapat menemukan jalan pintas yang lebih sepi dan menyehatkan.

7. Makan Produk Lokal dan Organik

Industri konvensional biasanya menghasilkan amonia, nitrogen oksida, serta bisa mengeluarkan metana dalam konsentrasi tinggi dan gas-gas rumah kaca yang kuat. 

Penelitian telah menunjukkan bahwa jika polutan-polutan ini bersatu, maka mereka dapat membentuk partikel-partikel halus yang berpotensi merusak sistem pernapasan kita.

Oleh karena itu, pertimbangkan kembali untuk memilih produk organik daripada yang konvensional.

Tidak hanya itu, prioritaskan produk lokal karena hal ini membantu mengurangi emisi dari transportasi dan energi untuk memproduksi makanan yang kamu konsumsi.

8. Mengurangi Makan Daging

Salah satu cara sehat dan bersih yang dapat dilakukan untuk mencegah pencemaran adalah mengurangi konsumsi daging. Menurut penelitian ilmiah, daging sapi menghasilkan emisi gas rumah kaca lima kali lebih banyak daripada sumber protein lainnya. 

Dengan mengurangi asupan daging beberapa hari dalam seminggu atau membatasi konsumsi maksimal 90 gram daging per hari, kita dapat membantu mengurangi polusi udara serta mengurangi pengeluaran untuk makanan.

9. Berkebun

Sekarang, semua jenis bahan makanan dapat kita temukan di supermarket, termasuk buah, sayuran, dan rempah-rempah. Namun, sudahkah kamu mempertimbangkan bahwa bahan makanan ini harus menempuh perjalanan jauh sebelum sampai ke tangan kita?

Salah satu cara yang paling sederhana untuk berperan dalam mengurangi polusi adalah dengan menanam sendiri bahan makanan. Kamu dapat dengan mudah menanamnya di halaman belakang rumah, selain lebih ekonomis, pastinya juga bebas dari pestisida dan bahan kimia tambahan.

10. Meningkatkan Kesadaran Terhadap Lingkungan

Peningkatan kesadaran terhadap masalah polusi bisa menjadi langkah pertama untuk memengaruhi orang-orang di sekitarmu agar mereka turut berpartisipasi.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, banyak dari cara mengatasi polusi udara ini bersumber dari kebiasaan sehari-hari kita. Kamu dapat menjadi teladan yang baik bagi teman, keluarga, dan lingkungan sekitar untuk melakukan perubahan yang positif.

11. Hindari Penggunaan Kantong Plastik

Penggunaan kantong plastik dapat menimbulkan dampak buruk bagi lingkungan. Plastik membutuhkan waktu yang sangat lama untuk terurai karena terbuat dari bahan minyak. Jika memang perlu menggunakan kemasan sekali pakai, kamu bisa memilih kantong kertas yang lebih mudah terurai oleh tanah.

Lebih baik lagi jika menggunakan tote bag, kantong lipat, atau tas berbahan kain yang dapat kita gunakan berulang kali. Dengan demikian, kamu tidak perlu lagi membuang plastik dengan sia-sia karena selalu memiliki kantong belanja yang ramah lingkungan siap kita gunakan kapan pun.

Termasuk bila kamu sering konsumsi air mineral dalam botol, sebaiknya juga bisa memilih alternatif yang lebih aman dan sehat. Karena botol minuman yang terbuat dari plastik akan lama mengurainya. Bahkan sampai 450 tahun. Maka dari itu, coba Kangen Water aja. 

Kandungan Kangen Water menyehatkan dan untuk konsumsi pribadi tidak perlu menggunakan botol plastik. Sedangkan untuk bisnis, air Kangen Water bisa dengan model bisnis air isi ulang. Jadi, botol plastiknya tidak kita buang, melainkan kita gunakan kembali untuk pengisian selanjutnya. Nah, bagi kamu yang ingin mesin Kangen Water berkualitas tinggi bisa dapatkan di sini.

Mesin Kangen Water dapat diperoleh melalui distributor resmi Kangen Water. Periksa situs web resmi Kangen Water untuk informasi lebih lanjut.

Demikian cara sehat dan bersih yang dapat dilakukan untuk mencegah pencemaran udara. Ayo, kita jaga lingkungan demi mengurangi polusi!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top