14 Cara Sehat dari Asam Lambung Naik, Segera Tangani Jangan Tunda!

cara sehat dari asam lambung

Cara sehat dari asam lambung adalah dengan meredakan gejalanya. Gejala yang sering muncul termasuk nyeri di bagian atas perut dan sensasi terbakar di tenggorokan.

Asam lambung adalah komponen penting dalam proses pencernaan tubuh. Namun, kadar asam lambung yang seimbang sangatlah penting. Ketika kadar asam lambung meningkat, dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

Peningkatan asam lambung dapat menyebabkan rasa nyeri di bagian atas perut atau sensasi terbakar yang menjalar dari dada hingga tenggorokan. Gejala ini muncul dengan rasa mual, keinginan untuk muntah, dan rasa asam di mulut.

Gejala Asam Lambung Naik

Cara Sehat dari Asam Lambung

Selain itu, ada beberapa gejala lain yang bisa menyertai naiknya asam lambung, seperti:

  • Ketidaknyamanan pada bagian atas perut, bahkan mungkin rasa sakit di bawah tulang rusuk.
  • Sensasi terbakar yang dirasakan pada area dada hingga kerongkongan.
  • Mual yang sering diikuti dengan muntah, yang bisa berlangsung selama 24 hingga 48 jam.
  • Hilangnya nafsu makan.
  • Perut terasa begah dan kembung karena adanya penumpukan gas.
  • Kram perut.
  • Muntah darah atau hematemesis (meskipun jarang terjadi, namun bisa terjadi dalam kondisi yang kronis).
  • Perasaan gelisah, berkeringat, sesak, dan peningkatan detak jantung.

Cara Sehat dari Asam Lambung Naik

Mengubah pola makan menjadi lebih sehat bisa menjadi penyelamat dari gejala yang menyiksa akibat naiknya asam lambung. Berikut ini adalah 14 cara sehat dari asam lambung yang bisa kamu terapkan:

1. Hindari Porsi Makan yang Terlalu Banyak

Cara Sehat dari Asam Lambung

Setelah mulai mengalami gejala naiknya asam lambung, sebaiknya untuk mengonsumsi makanan dalam porsi kecil dan dengan tekstur yang lembut serta tidak mengiritasi. Setelah itu, perlahan-lahan, biasakan diri untuk makan secara teratur dan lebih sering, sekitar 4-6 kali sehari dengan porsi yang kecil.

2. Menurunkan Berat Badan

Cara Sehat dari Asam Lambung

Seperti yang telah kita ulas sebelumnya, kelebihan berat badan atau obesitas dapat menjadi pemicu terjadinya asam lambung. Oleh karena itu, jika kamu mengalami masalah kelebihan berat badan atau bahkan obesitas, segera lakukan upaya untuk menurunkan berat badanmu.

3. Tarik Napas Dalam-dalam

Cara Sehat dari Asam Lambung

Saat bernapas, sebaiknya untuk mengambil napas dalam-dalam. Mengontrol jumlah udara yang masuk dengan mengambil napas panjang atau dalam bisa membantu memperkuat otot-otot di bawah tenggorokan, sehingga mengurangi risiko naiknya asam lambung.

4. Jangan Langsung Tidur Setelah Makan

Cara Sehat dari Asam Lambung

Banyak orang tua mengajarkan untuk tidak tidur langsung setelah makan, dan ternyata ini bermanfaat dalam mengelola masalah asam lambung. Kamu bisa untuk tetap berdiri setelah makan agar dapat mengatur pergerakan makanan dalam lambung dan produksi asam lambung.

“Disarankan untuk tidak tidur langsung setelah makan, minimal selama 2 atau 3 jam. Hal ini berkaitan dengan efek gravitasi yang membantu mencegah peningkatan risiko asam lambung,” jelas dr. Ellen.

5. Mengunyah Permen Karet

Cara Sehat dari Asam Lambung

Mengunyah permen karet juga bisa membantu mengatasi masalah asam lambung. Penelitian menunjukkan bahwa mengunyah permen karet dapat meningkatkan produksi air liur, yang dapat membantu menetralkan asam lambung yang terakumulasi di dalam lambung.

6. Konsumsi Protein dan Hindari Lemak

Makanan yang kaya protein bisa meningkatkan tekanan pada sfingter esofagus bagian bawah, yang membantu menahan asam lambung dan mencegah terjadinya refluks ke tenggorokan. Namun, konsumsi makanan berlemak bisa berdampak sebaliknya.

7. Hindari Kafein, Alkohol dan Rokok

Hentikan konsumsi kafein (baik dari teh maupun kopi), alkohol, dan merokok ketika mengalami gejala asam lambung. Jika sulit untuk menghindari kafein, coba kurangi jumlah harian yang kamu konsumsi. Yang paling penting juga adalah hindari buat minum kopi ketika kamu belum makan sama sekali atau perut kosong. Soalnya itu bisa memperburuk kondisi lambung.

Baca Juga: 11 Cara Sehat dan Bersih yang Dapat Dilakukan untuk Mencegah Pencemaran Udara

8. Hindari Konsumsi Produk yang Mengiritasi Lambung

Hindari semua produk yang mengandung obat antiinflamasi seperti aspirin, ibuprofen, naproxen, atau NSAID lainnya, karena dapat memperburuk kondisi lambungmu. Merokok dan penggunaan produk tembakau juga dapat merugikan kesehatan lambung karena nikotin dalam rokok atau produk tembakau dapat mengendurkan otot sfingter kerongkongan.

Mirip dengan konsumsi alkohol dan kafein, hal ini dapat menyebabkan naiknya asam lambung ke kerongkongan. Selain menyebabkan gejala maag, asam lambung yang naik secara teratur juga dapat menyebabkan peradangan pada kerongkongan (esofagitis).

9. Hindari Makanan yang Bersifat Iritan

Cara sehat dari asam lambung yang juga bisa kamu lakukan adalah untuk menghindari beberapa jenis makanan yang cenderung mengiritasi lambung, seperti makanan pedas, berlemak berlebihan, makanan yang memasaknya dengan melalui penggorengan, makanan asam, dan yang mengandung santan, karena dapat memicu naiknya asam lambung.

10. Coba Mengelola Stres dengan Baik

Berdasarkan penelitian, tingkat stres dapat secara signifikan meningkatkan produksi asam lambung. Jika stres menjadi penyebab naiknya asam lambung, penting untuk mengidentifikasi sumber stres dan mencari cara untuk menguranginya.

Stres merupakan salah satu faktor pemicu penyakit GERD karena dapat mengurangi produksi hormon prostaglandin. Hormon ini berperan dalam melapisi dinding lambung untuk melindunginya dari kerusakan akibat asam lambung.

Meskipun tidak selalu dapat kamu hindari, stres dapat kamu kelola dengan berbagai cara. Kamu dapat mencoba teknik pernapasan, meditasi, atau mengalihkan stres dengan melakukan aktivitas yang menyenangkan. Jika perlu, konsultasi dengan seorang psikolog untuk mendapatkan terapi yang sesuai.

11. Mengubah Pola Makan

Mengatur pola makan dengan teratur dan mengonsumsi porsi yang lebih kecil dapat membantu mencegah terjadinya masalah asam lambung. Pola makan yang tidak teratur dan konsumsi makanan dalam porsi besar juga dapat meningkatkan tekanan pada perut, yang berpotensi memicu naiknya asam lambung. Selain itu, hindari makan dengan terlalu cepat dan kebiasaan ngemil sebelum tidur malam.

12. Modifikasi Gaya Hidup

Menerapkan gaya hidup sehat merupakan metode paling efektif untuk mencegah naiknya asam lambung. Hal ini mencakup pola makan sehat yang seimbang, rutin berolahraga minimal dua kali seminggu dengan durasi 15-30 menit, istirahat yang cukup, menghindari konsumsi alkohol, dan mengelola stres.

13. Konsumsi Obat

Salah satu cara yang efektif untuk meredakan rasa sakit akibat naiknya asam lambung adalah dengan mengonsumsi obat. Ada berbagai pilihan obat yang mengandung bahan aktif seperti Hydrotalcite, Magnesium Hydroxide, dan Simethicone. 

Ketiga bahan tersebut memiliki khasiat cepat dalam mengurangi gejala seperti perih, nyeri ulu hati, mual, dan kembung yang disebabkan oleh asam lambung.

14. Minum Air Putih

Mengkonsumsi air putih sangat penting untuk menjaga keseimbangan pH dan meningkatkan kecepatan proses pengosongan lambung oleh usus. Oleh karena itu, kamu bisa untuk meningkatkan asupan air putih saat mengalami gejala naiknya asam lambung.

Sebagai alternatif untuk minum air putih biasa, kamu juga dapat mempertimbangkan untuk mengonsumsi Kangen Water. Kangen Water, yang dihasilkan melalui proses elektrolisis dengan mesin khusus, diklaim memiliki manfaat kesehatan yang lebih baik daripada air biasa. 

Kangen Water dikatakan memiliki pH yang lebih tinggi dan sifat antioksidan yang dapat membantu menetralkan asam lambung secara efektif. Dengan demikian, konsumsi Kangen Water dapat menjadi pilihan yang berguna dalam mengatasi gejala naiknya asam lambung.

Jika kamu ingin membeli mesinnya pastikan yang berkualitas. Silakan bisa melakukan pemesanan di sini.

Mesin Kangen Water dapat diperoleh melalui distributor resmi Kangen Water. Periksa situs web resmi Kangen Water untuk informasi lebih lanjut.

Kamu dapat mencegah naiknya asam lambung dengan menerapkan pola makan yang sehat, teratur, dan menghindari faktor pemicunya. Jika kamu sudah mengalami nyeri akibat asam lambung, segera lakukan penanganan dengan menggunakan 14 cara sehat dari asam lambung yang telah dijelaskan di atas.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top