8 Cara Sehat Ngurusin Badan yang Aman Tanpa Efek Samping

cara sehat ngurusin badan

Cara sehat ngurusin badan – Masih banyak orang yang menghadapi kesulitan dalam usaha menurunkan berat badan, walaupun sebenarnya ada beberapa metode yang bisa diterapkan dengan mudah. Asalkan dilakukan secara bertahap dan konsisten, langkah-langkah untuk menurunkan berat badan tersebut tidak akan menyebabkan rasa tidak nyaman.

Daripada memaksa diri dengan diet yang sangat ketat, lebih baik menerapkan cara-cara yang lebih mudah namun tetap efektif dalam menurunkan berat badan. Tetapi, perlu diingat bahwa untuk berhasil dalam hal ini, diperlukan komitmen dan disiplin yang kuat agar berat badan dapat turun dan mencapai tujuan ideal.

Cara Sehat Ngurusin Badan

Berikut adalah beberapa cara sehat ngurusin badan yang bisa Anda coba lakukan :

1. Minum air sebelum makan

cara sehat ngurusin badan

Studi menunjukkan bahwa mengonsumsi air sebelum makan dapat mendukung upaya penurunan berat badan. Berikut beberapa faktornya:

  • Meningkatkan rasa kenyang: Air putih tidak mengandung kalori, namun dapat mengisi perut dan memberikan sinyal kenyang ke otak. Hal ini dapat membantu Anda makan lebih sedikit dan mengurangi asupan kalori secara keseluruhan.
  • Meningkatkan metabolisme: Minum air putih dapat meningkatkan metabolisme dan membantu tubuh Anda membakar lebih banyak kalori. Hal ini terutama berlaku untuk air dingin, karena tubuh membutuhkan energi ekstra untuk menghangatkan air tersebut.
  • Mengurangi keinginan makan: Sesekali, kehausan bisa disamakan dengan perasaan lapar. Minum air putih sebelum makan dapat membantu Anda mengatasi rasa lapar dan mengurangi keinginan untuk makan berlebihan.

Tips:

  • Minumlah cukup dengan 2 gelas air putih saja 30 menit sebelum makan.
  • Anda juga dapat minum air putih selama dan setelah makan.
  • Bawalah botol air minum ke mana pun Anda pergi agar selalu terhidrasi.
  • Tambahkan irisan lemon, jeruk nipis, atau mentimun ke dalam air putih Anda untuk menambah rasa.

Minum air putih sebelum makan adalah cara sederhana dan efektif untuk menurunkan berat badan. Selain itu, minum air putih juga memiliki banyak manfaat lain untuk kesehatan, seperti menjaga kesehatan kulit, meningkatkan fungsi ginjal, dan membantu melancarkan pencernaan.

Alternatif air mineral untuk mendukung diet yang lebih sehat bisa konsumsi Kangen Water. Banyak orang di luar sana mengonsumsi strong kangen water dalam upaya untuk menurunkan berat badan. Namun, pendekatan terbaik untuk menjaga berat badan ideal adalah dengan mengonsumsi kangen water pH 9.5 secara rutin dan sebanyak mungkin, sambil menjalani gaya hidup yang sehat.

Mesin Kangen Water dapat diperoleh melalui distributor resmi Kangen Water. Periksa situs web resmi Kangen Water untuk informasi lebih lanjut.

2. Jangan lupa sarapan

cara sehat ngurusin badan

Sarapan merupakan bagian penting dalam program penurunan berat badan. Melewatkan sarapan justru dapat berdampak negatif pada usaha Anda untuk menurunkan berat badan, dengan beberapa alasan:

Meningkatkan nafsu makan: Melewatkan sarapan dapat meningkatkan kadar ghrelin, hormon yang merangsang rasa lapar. Hal ini dapat menyebabkan Anda makan lebih banyak di siang hari, terutama makanan yang tidak sehat.

Menurunkan metabolisme: Sarapan membantu memulai metabolisme Anda setelah berpuasa semalaman. Melewatkan sarapan dapat melambatkan metabolisme, sehingga tubuh Anda membakar lebih sedikit kalori sepanjang hari.

Menurunkan energi: Sarapan memberikan energi yang Anda butuhkan untuk beraktivitas sepanjang pagi. Melewatkan sarapan dapat membuat Anda merasa lemas dan mudah lapar, sehingga Anda tergoda untuk makan camilan tidak sehat.

Tips:

  • Konsumsi sarapan yang kaya protein dan serat, seperti telur, oatmeal, atau yoghurt dengan buah dan kacang-kacangan.
  • Hindari sarapan yang tinggi gula dan karbohidrat olahan, seperti roti putih, sereal manis, dan jus buah kemasan.
  • Siapkan sarapan di malam sebelumnya agar Anda tidak terburu-buru di pagi hari.
  • Makanlah sarapan dalam waktu 1-2 jam setelah bangun tidur.

3. Konsumsi makanan yang tepat (tinggi protein dan serat)

cara sehat ngurusin badan

Mengonsumsi makanan tinggi protein dan serat sangat penting dalam program penurunan berat badan. Berikut beberapa alasannya:

Makanan berprotein:

  • Membantu membangun dan memelihara massa otot: Otot membutuhkan protein untuk berkembang dan berfungsi dengan baik. Membangun massa otot dapat meningkatkan metabolisme, sehingga tubuh Anda membakar lebih banyak kalori bahkan saat istirahat.
  • Meningkatkan rasa kenyang: Protein dapat meningkatkan kadar hormon kenyang dalam tubuh, seperti peptide YY (PYY) dan leptin. Hal ini dapat membantu Anda makan lebih sedikit dan merasa kenyang lebih lama.
  • Menjaga kadar gula darah: Protein dapat membantu menstabilkan kadar gula darah, sehingga Anda tidak mudah merasa lapar dan menghindari ngemil.
Contoh makanan berprotein:
  • Daging tanpa lemak: ayam, sapi, ikan
  • Telur
  • Produk susu rendah lemak: yoghurt, keju
  • Kacang-kacangan dan biji-bijian
  • Kacang kedelai dan produk olahannya: tahu, tempe

Makanan berserat:

  • Membuat Anda kenyang lebih lama: Serat mengisi perut dan melambatkan pencernaan, sehingga Anda merasa kenyang lebih lama. Hal ini dapat membantu Anda makan lebih sedikit dan mengurangi kalori.
  • Menjaga kesehatan pencernaan: Serat membantu memperlancar pencernaan dan mencegah sembelit.
  • Menurunkan kadar kolesterol: Serat larut dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah.
Contoh makanan berserat:
  • Sayuran: bayam, brokoli, wortel, apel
  • Buah-buahan: pisang, pir, beri
  • Biji-bijian utuh: oatmeal, roti gandum utuh, quinoa
  • Kacang-kacangan dan biji-bijian
  • Kacang kedelai dan produk olahannya

Tips:

  • Konsumsi protein di setiap waktu makan.
  • Pilih sumber protein nabati (seperti kacang-kacangan, biji-bijian, dan kedelai) lebih sering daripada protein hewani.
  • Konsumsi minimal 25-35 gram serat per hari.
  • Makanlah makanan kaya serat perlahan dan kunyah dengan baik.

Baca Juga: 7 Langkah Menambah Berat Badan Dengan Cara Sehat dan Tepat

4. Makan dalam porsi kecil

Berdasarkan hasil penelitian, menggunakan piring atau mangkuk berukuran kecil dapat membiasakan untuk makan dengan porsi yang lebih kecil. Hal ini mengakibatkan pengurangan jumlah kalori yang masuk ke tubuh.

Memilih untuk makan dalam porsi kecil namun lebih sering, sekitar 4-5 kali sehari, terbukti lebih efektif dalam membantu penurunan berat badan dibandingkan dengan makan dalam porsi besar sebanyak 3 kali sehari.

5. Makan secara perlahan

Selain mengonsumsi makanan dalam porsi yang kecil, mengambil waktu dan makan dengan santai juga berkontribusi pada upaya penurunan berat badan. Dengan cara makan ini, tubuh memiliki kesempatan lebih banyak untuk mengirimkan sinyal kenyang ke otak sebelum Anda mengkonsumsi terlalu banyak makanan.

6. Tidak perlu menghindari makanan tertentu

Ketika sedang menjalani diet, tidak perlu menghindari makanan yang Anda sukai sepenuhnya. Menghindarinya justru bisa memperkuat keinginan untuk mengonsumsinya. Jadi, yang penting bukanlah menjauhinya, melainkan membatasinya. Sebagai alternatif, misalnya, Anda bisa membeli kue kering secara individual daripada membeli dalam jumlah banyak dalam kotak atau stoples.

7. Tidur yang cukup

Selain menjaga pola makan, penting untuk memastikan bahwa Anda tidur dengan cukup. Kekurangan tidur dapat meningkatkan produksi hormon ghrelin yang memicu nafsu makan.

Akibatnya, Anda mungkin cenderung mengonsumsi makanan yang tinggi kalori dalam jumlah besar, yang tentu saja dapat mengganggu upaya diet penurunan berat badan.

8. Olahraga yang rutin

Tidak diragukan lagi bahwa olahraga sering dikaitkan dengan penurunan berat badan. Rutinitas olahraga membantu membakar kalori berlebih yang tidak bisa diatasi hanya dengan diet, seperti diet Ornish.

Anda bisa mengadopsi metode penurunan berat badan yang sederhana ini sebagai bagian dari gaya hidup sehat. Sebaiknya, hindari godaan untuk mencoba berbagai diet yang menjanjikan penurunan berat badan cepat, karena hal itu dapat membahayakan kesehatan dan membuat berat badan mudah naik kembali.

Selain menerapkan cara sehat ngurusin badan di atas, jika diperlukan, berkonsultasilah dengan dokter mengenai program penurunan berat badan. Dokter akan merancang rencana diet yang sesuai dengan kondisi kesehatan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top