Apa Itu Kangen Water? Kandungan dan Manfaat, Lebih Sehat Dari Air Biasa

apa itu kangen water

Apa Itu Kangen Water – Kangen water terkenal sebagai air minum yang lebih sehat dibandingkan air mineral biasa. Air kangen juga populer di kalangan fanatik kesehatan yang sangat peduli dengan kesehatannya. Namun apakah kangen water benar-benar lebih sehat dari air minum biasa?

Apa itu kangen water?

Air Kangan adalah salah satu merek dagang dari air alkali. Air alkali adalah air yang memiliki tingkat pH yang sebanding dengan air minum normal. Air minum normal biasanya memiliki pH netral 7 sedangkan air alkali yang sangat basa memiliki pH rata-rata 8 – 9. Jadi diyakini bahwa air alkali menetralkan asam dalam tubuh.

Air secara alami bersifat basa karena membawa mineral dari tanah dan bebatuan di bawah permukaan bumi. Proses kimia yang disebut elektrolisis. Proses elektrolisis menggunakan ionizer untuk menaikkan pH air. Ionizer menggunakan listrik untuk memisahkan lebih banyak molekul asam dari air.

Apa Kandungan Kangen Water dan Manfaatnya

Air alkali biasanya memiliki pH yang lebih tinggi daripada air minum biasa.

Karena itu sebagian orang yang minum air alkali percaya bahwa air menetralkan keasaman dalam tubuh. Nilai pH normal air minum biasanya antara 65-75.

Jadi sedangkan Kangen water memiliki pH 8 – 9. Produk air alkali ini diyakini mengandung mineral alkali dan potensi reduksi oksidasi negatif (ORP). Semakin negatif nilai ORP dianggap semakin ringan.

Manfaat Kangen Water Bagi Kesehatan

Manfaat air Kangen atau Alkaline masih menjadi bahan perdebatan ilmiah. Banyak pakar kesehatan yang meragukan keefektifannya karena belum ada cukup bukti kuat yang mendukung penggunaan air alkali.

Baca Juga : Fakta Tentang Air Alkali

Namun beberapa penelitian menunjukkan bahwa air alkali mungkin bermanfaat dalam situasi tertentu.

1. Mengatur enzim pencernaan

Sebuah tinjauan dalam The Annals of Otology Rhinology and Laryngology (2012) meneliti efek air alkali pada pepsin pada manusia. Penelitian telah menunjukkan bahwa minum air alkali dengan pH 88 membantu menonaktifkan pepsin.

Pepsin adalah enzim yang menyebabkan refluks asam dan gastroenteritis (GERD). Namun temuan ini perlu dikonfirmasi lebih lanjut dengan studi skala yang lebih besar.

2. Melancarkan buang air besar (BAB)

Sebuah studi dalam jurnal Medical Case Research (2019) mencoba mengevaluasi pengaruh asupan air alkali setiap hari terhadap kesehatan pencernaan.

Penelitian tersebut melibatkan total 60 partisipan dalam kelompok usia 20-60 tahun dalam dua kelompok selama empat minggu. Kelompok pertama minum alkohol. Kelompok lain minum air keran murni dan kelompok lain minum air alkali.

Penelitian ini menunjukkan bahwa minum air alkali memiliki kemampuan untuk meningkatkan pergerakan usus pada peserta penelitian.

3. Mengencerkan darah

Review lain dalam Journal of International Sports Nutrition (2016) menemukan perbedaan kekentalan darah setelah minum air alkali pada 100 orang.

Studi ini menemukan perbedaan kekentalan darah setelah minum air pH tinggi dibandingkan dengan plasebo. Air setelah latihan keras. Tekanan darah turun 63 persen pada mereka yang minum air dengan pH lebih tinggi.

Mesin Kangen Water dapat diperoleh melalui distributor resmi Kangen Water. Periksa situs web resmi Kangen Water untuk informasi lebih lanjut.

Sedangkan kelompok yang minum air murni hanya mengalami penurunan tekanan darah sebesar 336 persen.

Benarkan Mengkonsumsi Kangen Water Itu Berbahaya ?

Air minum alkali seperti Kangen dianggap aman. Saat ini tidak ada bukti bahwa air Kangen memiliki efek samping negatif atau berbahaya. Air alkali memiliki pH yang berbeda dengan air biasa sehingga tubuh Anda dapat mengalami sedikit perubahan.

Tubuh Anda terus-menerus memproduksi asam klorida untuk mempertahankan homeostasis pH lambung Anda. Namun air alkali yang diproduksi pabrik biasanya mengandung lebih sedikit mineral sehat.

Jika Anda menggunakan air ini secara teratur dapat menghabiskan mineral penting Anda. Organisasi Kesehatan Dunia telah menekankan kehati-hatian dalam pedoman kualitas air minum.

Air mineral rendah adalah air yang Anda minum setiap hari. Pertanyaannya adalah apakah air Kangen tidak aman untuk diminum tetapi apakah dibenarkan sebagai klaim kesehatan. Penting untuk diingat bahwa tidak ada bukti ilmiah yang mendukung penggunaan air kangen untuk pengobatan penyakit apapun.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top