Manfaat Minum Air pH Tinggi untuk Kesehatan

manfaat minum air ph tinggi
manfaat minum air ph tinggi
"Air dengan kadar pH yang tinggi dipercaya dapat memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan. Umumnya air ber-pH tinggi memiliki nilai pH di atas 7 yaitu sekitar 8-9. Dapatkan fakta lengkap sebelum digunakan"

Manfaat Minum Air pH Tinggi – Pernahkah Anda mendengar tentang klaim kesehatan air minum dengan pH tinggi? Air dengan pH tinggi bisa juga disebut air alkali. Alkaline mengacu pada tingkat pH dalam air.

Tingkat pH adalah angka yang mengukur keasaman atau kebasaan suatu zat pada skala 0 sampai 14. Misalnya air dengan pH 1 akan sangat asam dan nilai 13 akan menjadi basa. Air alkali memiliki tingkat keasaman yang lebih tinggi daripada air minum biasa.

Beberapa orang percaya bahwa air alkali dapat menetralkan asam dalam tubuh. Umumnya pH air minum normal adalah netral yaitu 7. Oleh karena itu tingkat pH dalam air alkali dapat mencapai 8-9.

Apakah manfaat air alkali itu mitos atau fakta? Simak mitos dan fakta kesehatan tentang air ini.

Manfaat Minum Air Putih dengan pH Tinggi

Air alkali atau air dengan pH tinggi dikatakan dapat memperlambat proses penuaan dengan menyeimbangkan kadar pH tubuh dan mencegah penyakit kronis seperti kanker. Air alkali juga harus mengandung mineral alkali dan potensi reduksi oksidasi negatif (ORP).

ORP adalah kemampuan air untuk bertindak sebagai antioksidan. Semakin negatif nilai ORP semakin besar kemungkinan untuk diracuni. Namun pernyataan tentang PH air yang tinggi sebenarnya masih kontroversial.

Baca Juga : Enagic Indonesia

Menurut Healthline banyak ahli kesehatan mengatakan hanya ada sedikit penelitian yang mendukung manfaat kesehatan dari jenis air alkali ini. Menurut Mayo Clinic air putih masih merupakan pilihan terbaik dan tidak ada bukti ilmiah yang mendukung manfaat kesehatan dari air alkali.

Namun ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa air alkali dapat bermanfaat dalam kondisi tertentu. Misalnya sebuah studi tahun 2012 berjudul Potensi Manfaat Air Minum Alkaline pH 88 sebagai Bantuan dalam Pengobatan Penyakit Refluks menemukan bahwa meminum air alkali pH 88 dari sumur artesis berkarbonasi alami dapat membantu menonaktifkan enzim kunci yang menyebabkan pepsin.

Pengamatan pendahuluan tertulis lainnya tentang perubahan tekanan darah gula darah dan lipid darah setelah minum air ion alkali menunjukkan bahwa air ion alkali bermanfaat bagi pasien dengan tekanan darah tinggi diabetes dan kolesterol tinggi.

Namun di luar penelitian kecil ini diperlukan lebih banyak penelitian untuk mengatasi klaim lain yang dibuat oleh pendukung air alkali. Meskipun studi ilmiah yang telah membuktikan terhadap air alkali masih sedikit para pendukung air alkali masih percaya pada manfaat kesehatan dari penggunaan air ini :

  • Ini memiliki sifat anti-penuaan.
  • Bersihkan usus besar Anda.
  • Mendukung sistem kekebalan tubuh.
  • Melembabkan kulit.
  • Menurunkan berat badan.
  • Mencegah kanker.

Apakah Benar Ada Efek Sampingnya

Meskipun air alkali dianggap aman untuk diminum namun tetap memiliki risiko beberapa efek samping. Beberapa contoh efek samping dari minum air dengan pH tinggi antara lain penurunan asam lambung.

Asam lambung dibutuhkan oleh tubuh untuk membunuh bakteri dan mengeluarkan penyakit lain yang masuk ke dalam tubuh. Kelebihan pH tubuh juga dapat menyebabkan masalah pencernaan dan iritasi kulit.

PH yang tinggi juga dapat mempengaruhi pH normal tubuh sehingga menyebabkan kondisi alkalosis metabolik yang dapat menimbulkan gejala sebagai berikut

  • Mual
  • Muntah
  • Tangan Gemetar
  • Waspada terhadap kejang otot
  • Gatal tangan atau wajah
  • Kebingungan

Alkalosis dapat menyebabkan rendahnya kadar kalsium dalam tubuh yang dapat mempengaruhi kesehatan tulang. Demikian informasi tentang manfaat air pH tinggi. Segera konsultasikan ke dokter jika muncul gejala setelah minum air alkali.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top