10 Manfaat Minum Air Putih di Pagi Hari Saat Perut Kosong, Bisa Dukung Imun!

Manfaat Minum Air Putih di Pagi Hari Saat Perut Kosong – Kita sering hanya merasa perlu minum saat merasa haus, setelah makan, atau setelah konsumsi makanan pedas. Namun, apakah Anda tahu kapan waktu yang paling tepat untuk minum air? Jawabannya ternyata adalah saat perut kita dalam kondisi kosong!

10 Manfaat Minum Air Putih di Pagi Hari Saat Perut Kosong

Dengan hampir 70% tubuh kita terdiri dari air, penting untuk memahami bahwa air dibutuhkan untuk mendukung fungsi normal dan kelancaran kerja organ tubuh. Air putih merupakan pilihan minuman paling sehat untuk menghilangkan rasa dahaga dan mengonsumsinya saat perut kosong dapat membantu menangani beberapa masalah kesehatan. Berikut adalah beberapa manfaat minum air putih saat perut sedang kosong.

1. Meningkatkan Metabolisme

Manfaat Minum Air Putih di Pagi Hari Saat Perut Kosong

Mengonsumsi air putih saat perut kosong, misalnya setelah bangun tidur di pagi hari, dapat meningkatkan tingkat metabolisme sebanyak 24 persen, menurut penelitian berjudul “Water-induced thermogenesis” yang diterbitkan di The Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism. Peningkatan metabolisme ini membantu proses pencernaan menjadi lebih efisien, yang pada akhirnya dapat membantu penurunan berat badan dalam jangka panjang.

2. Membersihkan Usus

Manfaat Minum Air Putih di Pagi Hari Saat Perut Kosong

Menurut Style Craze, mengonsumsi air putih saat perut kosong dapat membantu menjaga keseimbangan sistem pencernaan. Dengan praktik ini, Anda akan merasakan kebutuhan untuk buang air besar. Melakukan hal ini secara rutin dapat membantu memperoleh pola buang air besar yang teratur serta membantu pengeluaran limbah dari tubuh secara berkala.

3. Menunjang Sistem Kekebalan

Air memiliki peran penting dalam mempertahankan kesehatan dan kebugaran tubuh secara umum. Selain itu, air juga berfungsi untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Kebiasaan minum air putih secara teratur saat perut kosong diyakini dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi sistem imun tubuh kita, yang pada akhirnya dapat membantu tubuh melawan infeksi.

4. Membantu Detoksifikasi Tubuh

Manfaat Minum Air Putih di Pagi Hari Saat Perut Kosong

Seperti yang dilansir oleh Lifehack, konsumsi air secara alami dapat merangsang pergerakan di usus. Selama malam, tubuh melakukan proses perbaikan dan eliminasi racun. Jadi, saat Anda minum air saat perut masih kosong di pagi hari, Anda akan membantu tubuh membuang racun berbahaya ini. Meningkatkan konsumsi air putih dapat membantu produksi sel otot dan sel darah baru.

5. Mencegah Migrain

Dehidrasi adalah salah satu penyebab utama sakit kepala dan migrain. Minum air putih secara teratur, khususnya saat perut kosong, dapat membantu meringankan sakit kepala secara alami karena mencegah dehidrasi.

6. Mendukung Upaya Penurunan Berat Badan

Minum air putih setelah bangun tidur di pagi hari dapat membantu mengeluarkan racun dari tubuh dan memperbaiki sistem pencernaan. Hal ini bisa mengurangi rasa lapar dan nafsu makan, yang berkontribusi pada pencegahan peningkatan berat badan akibat makan berlebih.

7. Mengatasi Heartburn dan Gangguan Pencernaan

Gangguan pencernaan seringkali disebabkan oleh peningkatan tingkat keasaman di perut. Heartburn atau nyeri ulu hati terjadi saat asam lambung naik ke kerongkongan. Minum air putih saat perut kosong dapat mendorong asam lambung turun dan mengencerkan asam, membantu meredakan kondisi ini. Selain itu, minum air putih juga merupakan langkah awal yang baik untuk persiapan perut sebelum sarapan.

8. Menyehatkan dan Mempercantik Rambut

Cukup minum air membantu pertumbuhan rambut dari akar hingga ujung, mencegah rambut bercabang dan rapuh, serta mempertahankan kesehatan kulit kepala. Air sangat penting untuk mengatur sistem sirkulasi darah, yang memasok nutrisi penting ke folikel rambut dan mendukung pertumbuhan rambut. Air juga merangsang semua ujung saraf dan sensor lain di akar rambut, yang meningkatkan vitalitas alami rambut.

Air memiliki mineral penting yang diperlukan untuk menjaga kesehatan rambut, seperti zat besi, zink, tembaga, dan kalsium. Sebuah laporan dalam IOP Conference Series: Earth and Environmental Science tahun 2017 mencatat bahwa kandungan air dalam rambut sangat penting untuk pertumbuhan dan kesehatan rambut.

9. Menunjang Kesehatan Kulit

Sejauh ini, penelitian yang cukup belum ada untuk mendukung klaim bahwa konsumsi air dapat membuat perbedaan signifikan pada penampilan kulit. Tidak ada bukti pula yang menunjukkan bahwa minum air kurang dari delapan gelas per hari dapat merusak kulit.

Peringatan yang perlu diperhatikan adalah jika Anda mengalami dehidrasi parah, kondisi ini dapat berpengaruh besar pada kulit. Penelitian yang berjudul “Water, hydration, and health” yang diterbitkan dalam jurnal Nutrition Reviews menunjukkan bahwa kulit mungkin kehilangan elastisitas atau mengalami efek “mengencang”, tetapi ini terjadi hanya pada kasus dehidrasi parah.

Baca Juga : Manfaat Minum Air Hangat Untuk Jantung

Intinya, tidak ada salahnya meningkatkan asupan cairan untuk mencegah tanda-tanda hidrasi yang buruk seperti kulit yang kering, kencang, atau gatal.

10. Mencegah Batu Ginjal dan Infeksi Kandung Kemih

Lifehack melaporkan bahwa minum air putih sesegera mungkin setelah bangun tidur juga sangat penting untuk mencegah batu ginjal dan infeksi kandung kemih. Kebiasaan ini dapat mengencerkan asam yang dapat menyebabkan batu ginjal. Selain itu, menjaga asupan cairan yang cukup juga dapat melindungi Anda dari berbagai infeksi kandung kemih yang disebabkan oleh toksin.

Itulah sepuluh manfaat minum air putih saat perut kosong setelah bangun tidur. Mari, jadikan ini sebagai bagian dari rutinitas sehat Anda! Namun, perlu diingat bahwa ini bukanlah satu-satunya cara untuk mempertahankan tubuh yang sehat dan bugar. Diperlukan pula pola makan seimbang yang bergizi, olahraga rutin, tidur yang cukup, pemeriksaan kesehatan secara berkala, serta pengelolaan stres yang baik untuk mencapai kesehatan fisik dan mental yang optimal.

Kesimpulan

Minum air putih saat perut kosong, terutama setelah bangun tidur, memiliki berbagai manfaat kesehatan. Manfaat ini meliputi peningkatan metabolisme, detoksifikasi tubuh, peningkatan sistem kekebalan, perbaikan pencernaan, pencegahan migrain, serta dukungan dalam penurunan berat badan. Minum air juga dapat membantu meredakan heartburn dan gangguan pencernaan, mempertahankan kesehatan dan kecantikan rambut, menunjang kesehatan kulit, dan mencegah batu ginjal dan infeksi kandung kemih.

Namun, perlu diingat bahwa meski minum air putih saat perut kosong memberikan banyak manfaat, ini bukan satu-satunya kunci menuju kesehatan yang optimal. Pola makan sehat, olahraga teratur, tidur yang cukup, pemeriksaan kesehatan secara berkala, dan pengelolaan stres yang baik adalah beberapa aspek lainnya yang penting untuk menjaga kesehatan fisik dan mental.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top